detikNews
Senin 14 Oktober 2019, 20:27 WIB

Turut Serta dalam Kelestarian Lingkungan, Ini yang Dilakukan BPK RI

Yakob Arfin - detikNews
Turut Serta dalam Kelestarian Lingkungan, Ini yang Dilakukan BPK RI Foto: Dok. BPK RI
Jakarta - BPK RI ikut berperan aktif dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup dunia. Peran ini dimulai sejak tahun 2014 dengan menjadi Ketua Kelompok Kerja Pemeriksaan Lingkungan Hidup SAI (Supreme Audit Institution) sedunia, yaitu INTOSAI Working Group on Environmental Auditing (INTOSAI WGEA). Sebelumnya, sejak didirikan tahun 1992 INTOSAI WGEA telah dipimpin oleh SAI dari negara Belanda, Kanada, dan Estonia.

INTOSAI WGEA menghasilkan sejumlah produk seperti pedoman pemeriksaan atas topik-topik lingkungan, hasil penelitian atas isu-isu terkini terkait lingkungan, dan modul pelatihan terkait pemeriksaan lingkungan. Pada periode 2017-2019, INTOSAI WGEA mengangkat isu-isu Sustainable Development Goals (SDGs), keanekaragaman hayati, perubahan iklim dan polusi udara.

Dalam periode tersebut, BPK RI menyelesaikan survei pemeriksaan lingkungan hidup yang mencakup pemeriksaan atas SDGs. Hasil survei ini juga telah dilaporkan pada pertemuan High Level Political Forum di New York bulan Juli 2019.


Diikuti oleh banyak SAI dari berbagai benua, BPK RI menyelenggarakan pemeriksaan kehutanan di Jakarta serta menjadi subject matter expert pada pelatihan pemeriksaan lingkungan hidup yang diselenggarakan setiap tahun di International Center for Environment Audit and Sustainable Development (iCED) Jaipur, India.

Ketua BPK RI Prof. Moermahadi Soerja Djanegara pun menekankan pentingnya pelatihan tersebut dalam pengembangan kapasitas auditor terkait pemeriksaan lingkungan hidup.

Kehadiran BPK RI dalam INTOSAI WGEA secara aktif terlibat dalam pertemuan-pertemuan di lingkup Asia dan internasional, khususnya untuk menyampaikan laporan aktivitas INTOSAI WGEA kepada SAI dari negara lain, serta terus mengajak kelompok SAI regional lainnya untuk melaksanakan kerjasama terkait pemeriksaan lingkungan.


Pada kesempatan GAIDAR Forum yang digelar di Moskow pada Januari 2019, BPK RI menyampaikan pentingnya audit BPK RI dalam memberikan perbaikan pelaksanaan program pemerintah terkait implementasi SDGs. Sejumlah pembicara dari negara seperti SAI Austria, Amerika Serikat dan Rusia juga turut hadir dalam pertemuan tersebut.

BPK RI telah berhasil memimpin pencapaian target implementasi WGEA Workplan 2017-2019 dan berkontribusi dalam penyusunan Rencana Kerja 2020-2022 yang telah disetujui dalam pertemuan INTOSAI WGEA ke-19 di Bangkok, Thailand bulan Agustus 2019 dan telah diendorse dalam Kongres SAI sedunia XXIII di Moskow, Rusia, September 2019.


Simak juga video "LH Fund Diharapkan Membantu Kelestarian Lingkungan Hidup" :

[Gambas:Video 20detik]


(prf/ega)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com