detikNews
2019/10/14 18:33:17 WIB

Ikan hingga Ular Laut Mati Misterius di Pantai Maluku, Ini Kata BNPB

Jabbar Ramdhani - detikNews
Halaman 1 dari 2
Ikan hingga Ular Laut Mati Misterius di Pantai Maluku, Ini Kata BNPB Ratusan ikan terdampar di pantai di desa di Maluku. (Foto: Dok. Istimewa)
Jakarta - Ratusan ikan dan biota laut lain yang terdampar di pantai sebuah desa di Maluku membuat resah masyarakat. Apakah penyebabnya gempa yang terus terjadi di wilayah Maluku?

Ahli tsunami BNPB Abdul Muhari menyatakan hingga saat ini belum ada penelitian yang menyimpulkan keterkaitan antara biota laut permukaan dan aktivitas kegempaan dari laut yang biasanya bersumber pada lempeng dengan kedalaman lebih dari 1.000 m.

"Biota-biota yang selama ini sering kali mati dalam jumlah besar kemudian terdampar di pantai adalah biota permukaan atau biota laut dangkal-karang, bukan biota laut dalam," ujar Muhari dalam keterangan tertulis yang diterima, Senin (14/10/2019).


Dia mengatakan peristiwa ini terjadi di Desa Lelingulan, Kecamatan Tanimbar Utara, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku. Peristiwa ini ramai dibahas pada Minggu (13/10) kemarin.

Muhari menambahkan fenomena terdamparnya biota laut dangkal kerap disebabkan fenomena upwelling. Fenomena upwelling terjadi saat arus naik ke permukaan yang biasanya membawa plankton atau zat hara yang menjadi makanan biota laut dangkal.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com