Ini Nama-nama Bakal Cawalkot Cilegon yang Ambil Formulir Lewat NasDem-PAN

M Iqbal - detikNews
Senin, 14 Okt 2019 18:30 WIB
Pilwalkot Cilegon (M Iqbal/detikcom)
Pilwalkot Cilegon (M Iqbal/detikcom)
Cilegon - Bakal calon Wali Kota Cilegon mulai mengembalikan formulir penjaringan ke partai politik. Bulan ini, Partai NasDem dan PAN membuka penjaringan menghadapi Pilkada 2020.

Partai NasDem membatasi penyerahan formulir hingga besok, Selasa (15/10). Sedangkan PAN memutuskan pengembalian formulir pada 30 Oktober 2019.

Pilwalkot Cilegon mulai memunculkan beberapa nama bakal calon, dari tokoh lokal, artis, hingga pengusaha. Namun wajah-wajah politikus masih mendominasi.



Dalam penjaringan bakal cawalkot di NasDem, misalnya, beberapa tokoh yang mengambil formulir mulai menyerahkan berkas, di antaranya Wakil Wali Kota Cilegon Ratu Ati Marliati, Ketua DPW Partai Berkarya Helldy Agustian, dan pesinetron Lian Firman, yang maju satu paket bersama Ali Mujahidin.

"Sudah ada 6 yang menyerahkan berkas, 7 yang belum, yang ngambil formulir tercatat di kita itu ada 11," kata Sekretaris DPD NasDem Cilegon Erick Rebiin kepada wartawan, Senin (14/10/2019).



Para bakal calon yang sudah mengembalikan formulir nantinya akan digodok di tingkat DPD NasDem. Hanya 3 nama yang nantinya disetorkan ke DPW, kemudian digodok lagi di DPP NasDem.

Sementara itu, di PAN, yang baru membuka penjaringan bakal cawalkot Cilegon, sudah ada 9 orang yang mengambil formulir. Para bakal calon tersebut berasal dari kalangan politikus dan pengusaha.

"Sudah ada 9 yang ngambil, masih dibuka sampai 23 (Oktober). Meskipun sudah ada kader internal yang daftar kesempatan masih terbuka bagi eksternal yang lain," kata Ketua Panitia Penjaringan DPD PAN Cilegon Saifullah Asas.



Kedua kader PAN yang mendaftar penjaringan adalah Dede Rohama Putra dan Alawi Mahmud. Sedangkan kalangan eksternal partai di antaranya Helldy Agustian, Iye Iman Rohiman, dan politikus PDIP Reno Yanuar. (idn/idn)