detikNews
Senin 14 Oktober 2019, 18:23 WIB

Menjajal Lagi Bus Zhongtong TransJakarta yang Kembali Mengaspal

Wilda Hayatun Nufus - detikNews
Menjajal Lagi Bus Zhongtong TransJakarta yang Kembali Mengaspal Foto: Bus Zhongtong Mengaspal Lagi di Jakarta (Wilda/detikcom)
Jakarta - Bus merek Zhongtong kembali mengaspal di Jakarta sebagai salah satu armada TransJakarta. Seperti apa tampilannya sekarang?

Pantauan detikcom di Halte Harmoni Sentral, Senin (14/10/2019), salah satu bus merek Zhongtong tampak melintas. Bus gandeng tersebut melayani koridor 1 TransJakarta Blok M-Kota.

Tak seperti pendahulunya yang didominasi oranye dan merah, bus Zhongtong kali ini didominasi biru dan putih. Logo Zhongtong terlihat di 'hidung' bus.


Menjajal Lagi Bus Zhongtong TransJakarta yang Kembali MengaspalFoto: Bus Zhongtong Mengaspal Lagi di Jakarta (Wilda/detikcom)

Seluruh kursi di bus tersebut menghadap samping, bukan menghadap depan seperti bus-bus merek lainnya. Area dibagi dua yaitu area biasa dan area khusus wanita. Ada pegangan warna abu-abu yang menggantung serta tiang warna kuning-hitam juga untuk pegangan para penumpang.

Menjajal Lagi Bus Zhongtong TransJakarta yang Kembali MengaspalFoto: Bus Zhongtong Mengaspal Lagi di Jakarta (Wilda/detikcom)


AC di bus terasa dingin, pintu bus tidak tersendat saat terbuka maupun tertutup, serta aspek-aspek lainnya beroperasi dengan baik. Ada 1 TV yang terpasang di bus namun TV itu tidak menyala.

Menjajal Lagi Bus Zhongtong TransJakarta yang Kembali MengaspalFoto: Bus Zhongtong Mengaspal Lagi di Jakarta (Wilda/detikcom)


Sebelumnya diberitakan, PT TransJakarta mengatakan pengadaan bus itu didasari kontrak 2013 dan kini dioperasikan atas putusan Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI).

"Ini ceritanya adalah pelaksanaan kontrak yang tidak dapat dipenuhi PPD pada waktu itu, sehingga terbit penalti dan baru bisa dipenuhi sesuai kontraknya pun ini baru sebagian," ucap Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas TransJakarta Nadia Diposanjoyo saat dimintai konfirmasi, Senin (13/10/2019).



Bus-bus tersebut bukan didatangkan pada tahun ini, melainkan telah tiba di Jakarta pada 2016.

"Yang jelas, pengoperasian bus ini adalah bentuk dari pelaksanaan kontrak tahun 2013. Oleh karena PPD tidak dapat menyerahkan bus pada waktu yang ditentukan, maka terjadi dispute tahun 2016 dan diselesaikan melalui BANI (Badan Arbitrase Nasional Indonesia)," kata Nadia.

"Pada Juli 2018, BANI mengeluarkan putusan agar TransJakarta mengoperasikan 59 unit bus gandeng merek Zhongtong berdasarkan kontrak tahun 2013 dan tetap membayarkan penalti dari wanprestasinya," ucap Nadia.


Simak juga video "Efektifitas Perluasan Ganjil-Genap dan Perbaikan Kualitas Udara" :

[Gambas:Video 20detik]


(imk/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com