detikNews
Senin 14 Oktober 2019, 18:09 WIB

Tak Ada Aksi Demo, Lalin di Sekitar Istana Kembali Dibuka

Eva Safitri - detikNews
Tak Ada Aksi Demo, Lalin di Sekitar Istana Kembali Dibuka Foto: Suasana Jalan Medan Merdeka Barat (Eva/detikcom)
Jakarta - Jalan Merdeka Barat sudah kembali dibuka karena tidak ada demonstrasi. Seluruh kendaraan roda dua ataupun roda empat sudah bisa melintas.

Pantauan detikcom, arus lalu lintas sudah kembali dibuka sekitar pukul 17.40 WIB, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Senin (14/10/2019). Jalanan dibuka kedua arah, baik dari arah Harmoni ke Thamrin, pun sebaliknya.

Kendaraan pun sudah ramai melintas. Polisi lalu lintas mulai berjaga mengatur kendaraan di lampu merah dekat istana.


Sebelumnya memang Jalan Merdeka Barat ini sempat ditutup dengan dibatasi kawat berduri dan barier mulai dari Patung Kuda hingga istana. Hal ini untuk mengantisipasi adanya aksi demonstrasi. Aparat keamanan baik polisi dan brimob juga telah disiagakan sebelumnya.

Jalur yang ditutup sebelumnya hanya jalur untuk kendaraan roda dua dn roda empat. Sedangkan, jalur TransJakarta masih dapat melintas menuju Halte Monas. Pun begitu arah sebaliknya. Dari Halte Monas, TransJakarta juga bisa menuju ke Jalan MH Thamrin. Aparat kepolisian pun nampak berjaga di sekitar jalur TransJakarta ini.


Sebelumnya, mahasiswa Trisakti dkk meminta 'deadline' agar Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerbitkan Perppu KPK berakhir dan mengancam demo jika tuntutan tidak dipenuhi. Meskipun tak dipenuhi hari ini, BEM Trisakti tidak jadi melakukan aksi dan masih melakukan konsolidasi untuk menentukan sikap selanjutnya.

"Kemungkinan untuk besok belum," kata Wakil Presiden Mahasiswa Universitas Trisakti, Dheatantra Dimas saat dimintai konfirmasi, Senin (14/10)

Dimas mengatakan demo kemungkinan masih akan digelar dalam beberapa hari ke depan. Namun hal itu tergantung pada hasil konsolidasi.

"Intinya kita akan komitmen apa yang sudah kita perjuangkan dan teman-teman mahasiswa lakukan," ujar dia.
(eva/fdu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com