detikNews
2019/10/14 13:31:40 WIB

Wacana Amandemen Menyeluruh, Ini Daftar Amandemen Konstitusi Sejauh Ini

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Halaman 1 dari 2
Wacana Amandemen Menyeluruh, Ini Daftar Amandemen Konstitusi Sejauh Ini Foto: Gedung DPR/MPR (screen shoot video 20detik)
Jakarta - Wacana amandemen menyeluruh mencuat. Wacana itu muncul usai Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketum Partai NasDem Surya Paloh sepakat ingin amandemen UUD 1945 bersifat menyeluruh. Konstitusi ini pun sudah mengalami empat kali amandemen. Apa saja hasilnya sejauh ini?

Sebagaimana diketahui, kesepakatan ini muncul usai Prabowo bertemu Surya Paloh di kediaman Paloh di kawasan Permata Hijau, Jakarta, Minggu (13/10/2019). Dalam jumpa pers, Sekjen NasDem Johnny G Plate menyampaikan bahwa kedua tokoh itu sepakat amandemen dilakukan secara menyeluruh. Alasannya, amandemen menyeluruh ini dilakukan sebagai respon atas tantangan kekinian.

"Kedua pemimpin partai politik sepakat bahwa amandemen Undang-undang Dasar 1945 sebaiknya bersifat menyeluruh yang menyangkut kebutuhan tata kelolah negara sehubungan dengan tantangan kekinian dan masa depan kehidupan berbangsa yang lebih baik," ujar Johnny G Plate di kediaman Surya Paloh, Jalan Permata Berlian, Jakarta Selatan, Minggu (13/10/2019).


Sementara itu, Surya Paloh menjelaskan usulan UUD 1945 bersifat menyuluruh artinya poin pembahasan tidak hanya terbatas GBHN saja. Dia lantas menyinggung soal pemilu serentak.

"Banyak poin masalahnya tidak hanya terbatas membuat sebuah GBHN saja, banyak hal masalahnya. Misalnya katakan pemilu serempak, rumusan masalah konstitusi berdasarkan tafsiran dari pada UUD. Kita pikirkan bersama harus lanjut 5 tahun ke depan pemilu serentak, atau kembali berpisah, pemilu legislatifnya, pilpresnya," ujar Surya Paloh.

UUD 1945 sendiri sudah mengalami amandemen sebanyak empat kali dalam rentang waktu 1999-2002. Amandemen itu mengubah beberapa pasal penting. Pada Senin (14/10) detikcom merangkum daftar hasil amandemen dalam konstitusi RI tersebut:
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com