detikNews
2019/10/14 07:45:44 WIB

Round-Up

Suara Warga hingga Pengendara soal Sistem 2-1 di Puncak

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 3
Suara Warga hingga Pengendara soal Sistem 2-1 di Puncak Kawasan Puncak (Foto: Sachril Agustin Berutu/detikcom)
Bogor - Sumpeknya kehidupan di Ibu Kota membuat para penghuninya ingin berakhir pekan untuk melepas penat sejenak. Ke mana lagi jujugan paling dekat bila tak ke Puncak?

Namun seringkali acara bedol desa warga Jakarta ke Puncak malah membuat sesak. Kemacetan berpindah hingga akhirnya membuat para pemegang kewenangan memberlakukan aturan satu jalur atau one way yang selama ini menjadi andalan.

Kini kebijakan itu bakal tergantikan setelah sekian puluh tahun dengan sistem 2-1. Apa itu?

Bila sebelumnya setiap Sabtu-Minggu jalur ke Puncak akan dikhususkan satu jalur pada jam-jam tertentu, nantinya setelah sistem baru berlaku maka akan ada 2 lajur dari arah Jakarta ke Puncak dan 1 lajur sebaliknya. Sistem ini akan diuji coba pada 27 Oktober mendatang.
Jika dalam sistem buka tutup kendaraan hanya bisa bergerak satu arah pada waktu tertentu (Simpang Gadog menuju Puncak atau hanya arah sebaliknya), maka pada sistem 2-1 kendaraan dapat bergerak dari dua arah dalam waktu bersamaan. Pada skema sistem 2-1 ini, setiap akhir pekan jalur Puncak akan dioptimalkan menjadi 3 lajur. Pemisahan lajur dilakukan dengan menempatkan traffic cone sepanjang jalur Puncak mulai dari Simpang Gadog hingga Taman Safari Indonesia.

Dari 3 lajur yang ada, nantinya mulai pukul 03.00 - 13.00 WIB, lajur 1 dan 2 akan diperuntukkan bagi kendaraan yang mengarah ke Puncak atau naik, sedangkan lajur 3 untuk kendaraan menuju arah Gadog (turun). Pada pukul 12.30 - 14.00 WIB lajur 1 tetap diperuntukkan bagi kendaraan yang mengarah ke Puncak, namun lajur 2 untuk sementara ditutup dari arah Simpang Gadog (naik) untuk memastikan lajur 2 bersih dari kendaraan yang menuju ke Puncak, sedangkan lajur 3 tetap untuk kendaraan menuju Simpang Gadog (turun).

Selanjutnya setelah lajur 2 steril dari seluruh kendaraan, maka pada pukul 14.00 - 20.00 WIB arus lalu lintas berubah menjadi lajur 1 untuk kendaraan mengarah ke Puncak (naik), sedangkan lajur 2 dan 3 untuk kendaraan mengarah ke Simpang Gadog (turun). Selanjutnya, mulai pukul 20.00 - 03.00 WIB pengaturan lalu lintas kembali normal menjadi dua lajur untuk dua arah.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com