detikNews
Minggu 13 Oktober 2019, 13:45 WIB

Saat 50 Pegowes Tirtayasa Cycling Team Disambut Topan Hagibis Jepang

Tim detikcom - detikNews
Saat 50 Pegowes Tirtayasa Cycling Team Disambut Topan Hagibis Jepang Rombongan TCT saat touring di Tokyo, Jepang. (Foto: Tirtayasa Cycling Team)
Tokyo - Topan Hagibis di Jepang juga turut dirasakan pegowes dari Tirtayasa Cycling Team (TCT) saat tur di negeri sakura tersebut. Topan Hagibis terjadi saat 50 pegowes TCT tur di hari terakhirnya.

Rombongan berangkat dari Jakarta pada hari Rabu (9/10). Gowes dimulai hari kedua (10/10) dengan rute di sekitar Danau Kawaguchi yang terletak di kaki Gunung Fuji, Prefektur Yamanashi.

Usai dari Danau Kawaguchi, rombongan naik bus ke Kawagoe untuk gowes di destinasi wisata kota tua Jepang keesokan harinya (11/10). Di hari keempat, Sabtu (12/10), rencananya rombongan TCT akan gowes di Kota Tokyo. Namun pagi sebelum kegiatan dilakukan, Topan Hagibis melanda Jepang, termasuk Tokyo. Tak hanya topan, mereka juga merasakan guncangan gempa yang mencapai M 5,7.


Para pegowes yang mengenakan jersey biru-pink tetap bersepeda di Tokyo. Mereka juga berkumpul dan berfoto bersama dengan latar belakang Menara Tokyo. Setelahnya, rombongan akan pulang ke Indonesia pada hari Senin (14/10).

TCT merupakan komunitas sepeda yang berdiri tahun 2017. TCT memprakarsai tour sepeda ke Tokyo dengan mengajak komunitas sepeda lipat lain seperti saDEL Sepeda SMA 8, Gowes 6, 4 Biker, Mega Cycling Club dan Sembrono.

Topan Hagibis yang terjadi di Jepang membuat sungai meluap dan membuat hampir setengah juta rumah mengalami listrik padam. Topan Hagibis diperkirakan akan menuju ke laut pada hari Minggu malam setelah mengitari pulau Hokkaido utara. Dilansir Reuters yang mengutip siaran NKH hari ini, topan Hagibis menyebabkan 10 orang tewas. Sedangkan 17 orang lainnya dikabarkan hilang.
(dkp/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com