ADVERTISEMENT

Sunan Kuning Mau Tutup

Sunan Kuning: Usia 16 Tahun Memimpin Koalisi Jawa-Tionghoa Melawan Raja

Danu Damarjati - detikNews
Minggu, 13 Okt 2019 11:26 WIB
Foto ilustrasi: Patung monumen Laskar Tionghoa di TMII (Rachman Haryanto)


Musuh Sunan Kuning

Musuh Sunan Kuning ada dua, yakni VOC dan Raja Mataram saat itu, Sri Susuhunan Pakubuwana II. Pada awalnya, Pakubuwana II adalah Raja yang melawan VOC alias kompeni. Dia pernah meminta pejabat dan bupati bersumpah setia serta bersiap mengusir kompeni keluar Tanah Jawa.

Di masa kepemimpinannya, pasukan Mataram menyerang Benteng Kompeni di Kartasura pada 1741. Tercatat 10 prajurit kompeni tewas di dalam dan sekitar benteng. Peristiwa itu menandai konflik terbuka antara Kerajaan Mataram dan kompeni. Pakubuwana juga memerintahkan patihnya mengirim pasukan untuk membantu laskar Tionghoa mengepung VOC di Semarang.

Saat itu adalah masa-masa Geger Pacinan, rangkaian peperangan yang disebut-sebut lebih besar daripada Perang Diponegoro pada dua dekade sebelumnya. Geger Pacinan diawali dengan pembantaian 10 ribu orang Tionghoa oleh VOC di Batavia (sekarang Jakarta). Horor penyembelihan manusia oleh manusia itu menyulut pemberontakan melawan VOC.


Pemimpin pemberontakan dari pabrik gula di Gandaria, Batavia, adalah Souw Phan Ciang/Khe Panjang, yang kemudian dikenal sebagai Kapitan Sepanjang. Dia lari sampai Semarang dan bergabung dengan laskar Tionghoa pimpinan Singseh (Tan Sin Ko). Kapitan Sepanjang dan Singseh berperang melawan VOC, mendapat bantuan pasukan dari Pakubuwana II, namun kemenangan sulit diraih, bahkan VOC mengklaim sebagai pihak yang menang.

Namun, Pakubuwana II berubah sikap 180 derajat dari yang semula melawan kompeni menjadi memihak kompeni. Dukungan Mataram ke pemberontak Tionghoa dicabut pada awal 1742. Perubahan sikap itu dilatarbelakangi Pakubuwana II yang khawatir dilengserkan dari takhta Raja Mataram bila terus melawan VOC. Soalnya, VOC memang dikenal jago bikin intrik politik. Di sisi lain, para ningrat juga banyak yang mengincar kedudukan Pakubuwana II. Sejak saat itu, perang melawan Pakubuwana II dan VOC berkobar.

Sunan Kuning: Usia 16 Tahun Memimpin Koalisi Jawa-Tionghoa Melawan RajaFoto: Wikimedia Commons



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT