detikNews
Sabtu 12 Oktober 2019, 23:50 WIB

Tutup Pekan Kebudayaan Nasional, Mendikbud Janjikan Jadi Agenda Tahunan

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Tutup Pekan Kebudayaan Nasional, Mendikbud Janjikan Jadi Agenda Tahunan Foto: Penutupan Pekan Kebudayaan Nasional 2019 (Azizah/detikcom)
Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menutup gelaran acara Pekan Kebudayaan Nasional (PKN) 2019. Muhadjir menjanjikan akan mengadakan acara ini setiap tahun.

"Mudah-mudahan ini adalah awal kebangkitan kebudayaan nasional kita. Insyaallah akan kita selenggarakan tahunan, setiap tahun, dan kita pastikan anggarannya ada," kata Muhadjir di Istora Senayan, Jakarta, Sabtu (12/10/2019).


Muhadjir berharap para kepala daerah juga menggelar acara pekan kebudayaan di daerahnya masing-masing. Penampil terbaik dari masing-masing daerah akan diundang untuk tampil dalam Pekan Kebudayaan Nasional tahun depan.

"Saya berharap, terutama pada para pimpinan daerah, para wali kota, para bupati, setelah kegiatan di tingkat nasional ini kemudian akan diikuti dengan pagelaran PKN di tingkat daerah masing-masing. Dari apa yang telah disampaikan di tingkat daerah masing-masing, nanti akan kita pilih dan yang terbaik akan kita tampilkan di PKN tahun depan," ujarnya.

Muhadjir lalu memanggil perwakilan dari petugas keamanan, petugas kebersihan, dan relawan untuk naik ke panggung. Muhadjir menyebut para petugas dan relawan itulah yang menjadi penentu keberhasilan acara PKN.

"Para hadirin sekalian, inilah para petugas kebersihan, petugas keamanan, dan relawan inilah yang menentukan berhasil tidaknya kegiatan ini. Karena pekan budaya, pekan kebudayaan, maka tentu saja semuanya harus ditampilkan dengan penuh keberadaban, penuh dengan cita rasa tinggi, dan tentu saja juga penuh dengan gairah gembira kita bersama," ungkapnya.


Tak lupa, Muhadjir mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam Pekan Kebudayaan Nasional 2019. Ia mengapreasi acara yang menurutnya telah berjalan apik.

"Tentu saya tidak menyampaikan panjang lebar. Hanya ingin mengucapkan terima kasih kepada semuanya yang telah ikut terlibat di dalam kegiatan Pekan Kebudayaan Nasional 2019. Tanpa sumbangan, tanpa peran, tanpa andil kalian semua, tentu saja kegiatan ini tidak akan berjalan serapi ini, seanggun ini, sehebat ini," ucap Muhadjir yang disambut tepuk tangan hadirin.
(azr/tsa)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com