detikNews
Minggu 13 Oktober 2019, 07:02 WIB

Universitas Warmadewa Juara International Bamboo Competition 2019

Content Promotion - detikNews
Jakarta - Universitas Warmadewa (Unwar) menjadi tuan rumah pada event International Student Competition In Architectural Design and Construction of Bamboo Indonesian Division 2019 yang sebelumnya diselenggarakan di China pada 2018.

Acara ini diselenggarakan di Ruang Auditorium Widya Sabha Utama Unwar, Bali dan dihadiri oleh Kepala Dinas PUPR Bali, Rektor Unwar, Wakil Rektor I-III Unwar, Dekan Fakultas Teknik dan Perencanaan. Acara tersebut dibuka oleh Kepala Dinas PUPR Bali sebagai perwakilan Wakil Gubernur Bali.

Rektor Unwar Prof. dr. I Dewa Putu Widjana, DAP&E.Sp.Park. mengatakan, kompetisi yang disponsori Guangzhou Nansha Bird Park ini penting dilaksanakan karena menggunakan kekayaan alam seperti bambu, yang akan menambah nilai ekonomi yang luar biasa.

Ia juga mengatakan saat ini Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) terus mendukung pemanfaatan bambu yang dimiliki Indonesia, hingga menjadi suatu karya dan kerajinan yang memiliki nilai lebih. Dengan begitu, diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya pengrajin bambu, dan dapat meningkatkan devisa negara.

"Ini merupakan salah satu event internasional dan ini sangat tepat, tentunya event ini sangat inline dengan visi dan misi Unwar untuk menjadi institusi pendidikan yang bersaing global pada tahun 2034," ucap I Dewa Putu Widjana, dalam keterangannya.

Pihaknya juga menyambut baik dan merasa bangga, Unwar pun dipercaya menjadi tuan Rumah penyelenggaraan International Student Competition In Architectural Design and Construction of Bamboo Indonesian Division 2019.

Universitas Warmadewa pun berhasil meraih juara 1 dan 2. Sedangkan juara 3 diraih Aisyah University. Dengan begitu, Unwar berhak kembali ke China dengan membawa bendera Indonesia, sebagai perwakilan Indonesia dalam ajang event International Student Competition In Architectural Design and Construction of Bamboo.

Pada ajang sebelumnya yang diselenggarakan di China, Unwar mendapat juara satu. Pihaknya pun menjadi salah satu perwakilan Indonesia untuk mengikuti kompetisi tersebut.

Universitas Warmadewa Juara International Bamboo Competition 2019Foto: Dok. Universitas Warmadewa


"Sebagai pimpinan universitas menyambut dengan sangat antusias dan sangat berbahagia diadakannya kegiatan ini. Di mana dalam rangka memberikan kontribusi kepada pembangunan negara melalui peningkatan kapasitas sumber daya manusia terkait dengan bambu itu sendiri," ucapnya.

"Sejak awal saya sangat setuju dengan kegiatan ini, apalagi kita mendapatkan kehormatan menjadi tuan rumah penyelenggaraan acara ini. Secara tidak langsung memberikan kesempatan kepada kita untuk belajar dan mempersiapkan diri dalam rangka go global di tahun 2034," tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Gubernur Bali yang diwakili oleh Kadis PUPR Bali I Nyoman Astawa Riadi mengatakan melalui visi pembangunan 'Nangun Sat Rerthi Loka Bali' yang mengandung makna menjaga alam dan kebudayaan Bali, demi kesejahteraan masyarakat dan kesejahteraan spiritual masyarakat Bali.

Dengan begitu, Pemprov Bali mendukung segala kegiatan dalam rangka pelestarian yang berkaitan dengan budaya. Diharapkan dengan adanya acara ini dapat memberikan manfaat, khususnya manfaat terhadap nilai-nilai budaya Bali menuju peningkatan kesejahteraan masyarakat Bali.
(ads/ads)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com