detikNews
2019/10/12 12:10:31 WIB

Abdul Basyir Buka Peran Sekjen PA 212 di Masjid Al-Falah Saat Ninoy Dianiaya

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 2
Abdul Basyir Buka Peran Sekjen PA 212 di Masjid Al-Falah Saat Ninoy Dianiaya Sekjen PA 212 Bernard Abdul Jabbar (Indra Komara/detikcom)
Jakarta - Salah satu tersangka penganiayaan relawan Jokowi, Ninoy Karundeng, mengungkap kehadiran Sekjen PA 212 Bernard Abdul Jabbar di Masjid Al-Falah, Pejompongan, Jakpus, pada Senin (30/9). Masjid tersebut menjadi tempat Ninoy diinterogasi hingga dianiaya oleh para pelaku.

"Kalau di masjid yang saya kenal, yang sering saya lihat itu Ustaz Bernard. Kedua, Jerry, karena mereka ini aktif setiap ada aksi itu selalu ketemu di lapangan," kata Basyir dalam wawancara khusus dengan detikcom di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (11/10/2019).

Basyir mengaku saat itu hanya mengenali wajah Bernard, tetapi tidak tahu namanya. Basyir mengaku sering melihat Bernard dalam sejumlah aksi.


"Dan Ustaz Bernard itu mulai kenal dari aksi di MK beberapa kali itu," imbuhnya.

Lalu, apa yang dilakukan Bernard di dalam masjid saat itu?

Abdul Basyir Mokodongan, sosok pria bersuara berat di balik video interogasi yang viral di medsos (dok. detikcom) (dok. detikcom)Abdul Basyir Mokodongan, sosok pria bersuara berat di balik video interogasi yang viral di medsos (dok. detikcom)

"Waktu saya sampai, Ustaz Bernard sudah di situ, tapi aktivitasnya hanya sebagai tim medis," ucapnya.


"Karena yang saya lihat dari kaleng yang dia (Bernard) bawa, saya lihat itu Ustaz Bernard ini menangani orang-orang ikut aksi yang kena gas air mata," lanjutnya.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com