detikNews
2019/10/12 11:10:03 WIB

Hukum Disiplin Militer Jadi Dasar Hukuman Dandim Kendari Akibat Posting Istri

Elza Astari Retaduari - detikNews
Halaman 1 dari 2
Hukum Disiplin Militer Jadi Dasar Hukuman Dandim Kendari Akibat Posting Istri Kolonel Hendi Suhendi (Foto: dok. TNI AD)
Jakarta - Tiga prajurit TNI harus dihukum akibat ulah masing-masing istrinya yang mem-posting pernyataan miring terkait insiden penusukan terhadap Menko Polhukam Wiranto. Apa dasar yang membuat ketiganya dihukum?

"Dalam hukum disiplin militer itu, setiap pimpinan bertanggung jawab pada apa yang dilakukan dan tidak dilakukan oleh anak buah," ungkap Kapuspen TNI Mayjen Sisriadi saat dimintai konfirmasi, Sabtu (12/10/2019).

Meski begitu, Sisriadi tak memerinci pasal berapa yang dimaksudkan. Menurutnya, setiap prajurit bertanggung jawab atas perilaku keluarganya.


Jenderal bintang dua itu menegaskan setiap prajurit TNI harus patuh terhadap hukum sipil yang berlaku di masyarakat, kemudian terhadap hukum pidana militer, dan beberapa peraturan internal lainnya. Beberapa di antaranya hukum disiplin militer hingga peraturan militer dasar (permildas) atau yang dikenal dengan sebutan P5.

Hukum Disiplin Militer Jadi Dasar Hukuman Dandim Kendari Akibat Posting IstriKapuspen TNI Mayjen TNI Sisriadi. (Foto: dok Mabes TNI)

P5 sendiri meliputi Peraturan Penghormatan Militer (PPM), Peraturan Baris Berbaris (PBB), Peraturan Urusan Dinas Dalam (PUDD), Peraturan Dinas Garnisun (PDG), dan Tata Upacara Militer (TUM).

"Tentara kan gitu, harus patuh terhadap pertama hukum yang berlaku di masyarakat sipil, kaya KUHP dan semacamnya itu, lalu hukum pidana militer seperti dalam pelanggaran perang semua kan, kemudian harus patuh terhadap hukum disiplin militer, ada lagi peraturan disiplin militer, P5, semua diatur itu termasuk urusan dalam," urai Sisriadi.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com