detikNews
2019/10/11 18:50:06 WIB

Jadi Waketum PD, AHY Disebut Anak Emas SBY

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Jadi Waketum PD, AHY Disebut Anak Emas SBY Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) (Foto: Antara Foto/Saiful Bahri)
Jakarta - Penunjukan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menjadi Wakil Ketua Umum Partai Demokrat dinilai mengagetkan. Pengamat politik dari Universitas Paramadina Hendri Satrio menilai adik AHY, Edhi Baskoro Yudhoyono (Ibas), telah menjalani kaderisasi politik yang lebih baik.

"AHY ini kan memang mau tidak mau kita harus sebut dia 'anak emas'-nya SBY-lah. Ada Ibas di sana sebetulnya yang sudah berkecimpung di politik lama, dan Ibas menjalani kaderisasi politik yang lebih baik sebetulnya dibandingkan AHY. Saya tidak berusaha membenturkan antara kakak dan adik ini ya," kata Hendri di kantor YLBHI, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (11/10/2019).

Menurut Hendri, tak baik bagi AHY jika mengikuti cara yang instan untuk mendapatkan jabatan publik. Pendiri Lembaga Survei KedaiKOPI ini menilai sebaiknya AHY mengasah kemampuan politik secara berjenjang.


"Jadi ya ikuti saja 2020, pilihlah pilkada yang ada, ikut dulu aja, belajar dari sana. Kan nggak seru juga kalau kemudian tiba-tiba Mas AHY dengan pengalaman yang kurang-lebih sama dengan saya, boleh sih sebenarnya bermimpi jadi presiden, boleh. Tapi alangkah baiknya kemampuan itu dilatih dulu secara berjenjang dan benar," ucapnya.

Menurut Hendri, penunjukan AHY sebagai Waketum PD dinilai sebagai langkah untuk menyiapkan AHY dalam kontestasi Pilpres 2024. Namun, kata Hendri, penunjukan sebagai waketum belum tentu positif untuk AHY.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com