detikNews
2019/10/11 18:41:18 WIB

Koalisi Sipil Adukan Dugaan Pelanggaran HAM Saat Demo DPR ke Komnas HAM

Laras Devi Rachmawati - detikNews
Halaman 1 dari 2
Koalisi Sipil Adukan Dugaan Pelanggaran HAM Saat Demo DPR ke Komnas HAM Foto: Koalisi Masyarakat Sipil mengadu ke Komnas HAM (Laras Devi/detikcom)
Jakarta - Koalisi masyarakat sipil mengadukan dugaan pelanggaran HAM oleh aparat saat ricuh demonstrasi di sekitar DPR pada akhir September ke Komnas HAM. Salah satu alasan pengaduan ini karena ada korban jiwa akibat ricuh demo tersebut.

"Kita mengadukan dugaan pelanggaran HAM berat pada peristiwa penyerangan aparat kekerasan negara. Jadi kita ancer-ancernya dari 23-30 September. Kita di dalam statement menyatakan kita sebetulnya menduga kuat bahwa itu lebih panjang dari rentang itu tapi terutama 23-30 karena ada jatuh korban jiwa, untuk saat ini yang sudah confirm ada 5 orang di seluruh Indonesia," kata Juru Bicara Koalisi Masyarakat Sipil, Irwansyah, di kantor Komnas HAM, Jakarta, Jumat (11/10/2019).



Dia mengatakan ada lima orang yang tewas selama gelombang ricuh demonstrasi penolak RUU kontroversial di seluruh Indonesia. Irwansyah mengatakan ada juga ratusan orang yang terluka dan hilang.

"Ratusan orang luka berat, ribuan orang diproses secara hukum yang tidak dapat akses bantuan hukum, lalu masih banyak ratusan orang hilang dan lainnya. Dan data yang lebih lengkap ada di lembaga LBHI, Koalisi masyarakat sipil yang bermarkas di WALHI dan lainnya," ujarnya.


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com