detikNews
Jumat 11 Oktober 2019, 17:55 WIB

Ini Alasan Polisi Tetapkan Korban Demo Rusuh Akbar Alamsyah Jadi Tersangka

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Ini Alasan Polisi Tetapkan Korban Demo Rusuh Akbar Alamsyah Jadi Tersangka Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono (Samsudhuha Wildansyah/detikcom)
Jakarta - Pihak keluarga heran Akbar Alamsyah ditetapkan sebagai tersangka saat masih dirawat intensif di rumah sakit. Polisi menyebut Akbar ditetapkan sebagai tersangka karena terlibat demo ricuh di sekitar gedung DPR.

"Perusuh yang kita tangkap di polres atau di polda kita lakukan pemeriksaan dan tentunya ada saksi yang sudah kita periksa, yang ikut kita amankan sebagai tersangka yang menyatakan bahwa yang bersangkutan (Akbar Alamsyah) ikut melempari, ikut merusak, dan sebagainya," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono, di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (11/10/2019).


Argo mengatakan, setelah Akbar meninggal dunia, status tersangka tersebut sudah hilang. Pihak kepolisian menyampaikan dukacita atas meninggalnya Akbar.

"Tentunya kami dari pihak kepolisian ikutan belasungkawa, turut berdukacita," ujarnya.

Argo menceritakan Akbar ditemukan terluka pada Kamis (26/9) dini hari. Setelah itu, Akbar dibawa ke Polres Jakarta Barat dan, setelah didata, diberi perawatan medis awal.




Pagi harinya, Akbar dirujuk ke RS Pelni. Kemudian pada Jumat (27/9), Akbar dirujuk ke RS Polri Kramat Jati. Kemudian, pada Senin (30/9), Akbar dirujuk ke RSPAD Gatot Soebroto.

Akbar dimakamkan di TPU belakang Seskoal, Cipulir, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Jumat (11/10). Polri mengatakan Akbar jatuh dari pagar, bukan mengalami penganiayaan. Akbar berada di sekitar gedung DPR saat demo pada Rabu (25/9). Saat itu terjadi kericuhan selepas magrib.
(sam/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com