detikNews
2019/10/11 17:37:32 WIB

Buzzer Beda Kubu Sama-sama Beradu, Diperlakukan Adil di Mata Hukum?

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Halaman 1 dari 2
Buzzer Beda Kubu Sama-sama Beradu, Diperlakukan Adil di Mata Hukum? Diskusi soal Buzzer (Nur Azizah/detikcom)
Jakarta - Pengamat politik dari Universitas Paramadina Hendri Satrio berbicara soal ketidakadilan dalam memperlakukan para buzzer. Menurut Hendri, buzzer yang cenderung membela Istana tetap aman, sementara yang berseberang rentan dijerat UU ITE.

Hal tersebut disampaikan Hendri dalam diskusi 'Buzzer dan Ancaman terhadap Demokrasi' di kantor YLBHI, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (11/10/2019). Hendri awalnya menyebut tak ada yang salah dengan buzzer asal digunakan untuk hal-hal yang baik.



"Kekesalan masyarakat pada buzzer itu karena ada ketidakadilan itu. Kalau saya pribadi, kalau Istana pakai buzzer boleh nggak? Menurut saya sih boleh-boleh aja. Kalau buzzer dikerahkan untuk hal-hal baik," kata Hendri.

Hendri lalu berbicara soal ketidakadilan dalam memperlakukan buzzer. Menurutnya, buzzer yang tidak berada di lingkungan Istana rentan terjerat UU ITE.



"Sekarang kan memang problemnya mereka (buzzer Istana) boleh salah dan nggak apa-apa, kalau yang tidak berada di lingkungan Istana nggak boleh salah. Kalau salah, (kena) UU ITE," ujar Hendri.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com