detikNews
Jumat 11 Oktober 2019, 17:30 WIB

Antisipasi Kekeringan, Warga Desa Mondokan Dibuatkan Sumur Air

Faidah Umu Sofuroh - detikNews
Antisipasi Kekeringan, Warga Desa Mondokan Dibuatkan Sumur Air Foto: Gojek
Jakarta - Kemarau panjang melanda beberapa wilayah di Indonesia. Sebagian wilayah pun mengalami kekeringan yang berdampak pada berkurangnya ketersediaan air. BMKG memprediksi puncak musim kemarau akan terjadi pada September dan Oktober 2019. Salah satu wilayah terdampak yaitu Kabupaten Sragen dan sekitarnya.

Melihat fenomena tersebut, Gojek berkolaborasi dengan mitra GoCar Solo Raya membantu warga Desa Mondokan, Kedawung, Sragen yang saat ini mulai terdampak kemarau panjang dengan menghadirkan sumur air.

"Sebagai bagian dari warga Solo Raya kami mempunyai empati yang besar untuk meringankan beban warga yang saat ini mulai mengalami kesulitan air untuk kebutuhan sehari-hari. Kami berharap sumur air ini dapat bermanfaat dan memberikan inspirasi banyak pihak untuk membantu warga yang sedang mengalami kekeringan saat ini," ungkap District Head Gojek Solo Raya, Mariana Wijayanti, dalam keterangan tertulis, Jumat (11/10/2019).


Peresmian sumur air ini dilakukan oleh Wakil Bupati Sragen, Deddy Endriyatno bersama manajemen Gojek, perangkat kabupaten dan desa setempat. Selain peresmian sumur air, kegiatan ini juga disertai dengan pemeriksaan gratis untuk warga oleh Puskesmas Mondokan dan donor darah bersama PMI Sragen.

"Saya pribadi dan warga Mondokan menyampaikan apresiasi kepada Gojek dan Mitra Driver GoCar atas kepeduliannya kepada warga kami untuk mengantisipasi kemarau panjang dan kekeringan. Semoga sumur ini dapat bermanfaat bagi warga," ujarnya.

Kolaborasi Gojek dan Mitra GoCar dalam aksi sosial ini dikatakan sebagai wujud komitmen Gojek untuk memberikan manfaat yang positif bagi masyarakat di wilayah operasional. Sumur air ini berlokasi di lahan milik Tri Nugroho, salah seorang mitra GoCar.


Sumber air ini kemudian ditampung di tandon utama yang dapat menampung 9 ribu liter air untuk dialirkan ke sekitar 70 keluarga dengan bantuan pipa. Sumur air ini berasal dari air tanah yang diambil dengan metode bor sedalam 45 meter.

"Kami sangat senang sekali dapat berkolaborasi dengan Gojek untuk membantu warga Desa Mondokan menyediakan air bersih. Semoga sumur air ini dapat bermanfaat khususnya bagi kesehatan warga setempat," pungkas Deddy.


Simak juga video "Sedih, Warga Polman Harus Jalan 2 Km Demi Air Bersih" :

[Gambas:Video 20detik]


(akn/prf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com