Kerjanya Disorot Usai Wiranto Ditusuk, Ini Tugas-tugas BIN

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Jumat, 11 Okt 2019 14:43 WIB
Detik-detik penusukan Wiranto (Dok. Polsek Pandeglang)

Untuk melaksanakan tugasnya ini, BIN juga diberi beberapa wewenang. Ini beberapa wewenang BIN yang diatur dalam pasal selanjutnya:

Pasal 40
Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud dalam Pasal 39, Badan Intelijen Negara berwenang:
a. mengoordinasikan kebijakan di bidang Intelijen;
b. mengoordinasikan pelaksanaan fungsi Intelijen kepada penyelenggara Intelijen Negara;
c. menata dan mengatur sistem Intelijen Negara;
d. menetapkan klasifikasi Rahasia Intelijen; dan membina penggunaan peralatan dan material Intelijen.

Sebelumnya, Kepala BIN Budi Gunawan memastikan Abu Rara adalah bagian dari jaringan JAD. Selain itu, Abu Rara diketahui sudah dipantau oleh BIN sejak tiga bulan lalu.

"Ini sudah pasti dari kelompok jaringan JAD, khususnya jaringan JAD Bekasi, kita sudah pantau khusus pelaku ini tiga bulan yang lalu. Kan pindah dari Kediri ke Bogor, kemudian dari Bogor pindah ke Menes karena cerai dengan istri pertama. Di Menes ia menikah lagi," ujar Kepala BIN Budi Gunawan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Kamis (10/10/2019).


Kritik untuk BIN pun datang dari pengamat terorisme dari Universitas Kristen Indonesia (UKI) Sidratahta Mukhtar. Sidratahta menilai informasi soal Abu Rara tidak terdistribusikan dengan baik. Padahal BIN mengaku sudah mendeteksi gerak-gerik Abu Rara tiga bulan sebelumnya.

"Ini kan sekarang Menko Polhukan mewadahi BIN, Polri, dan badan keamanan lainnya. Kalau Kepala BIN katakan 3 bulan sebelumnya sudah terdeteksi, ke mana distribusi informasi dilakukan?" ucap Sidratahta saat dihubungi, Jumat (11/10).

Menurut Sidratahta, seharusnya sebelum Wiranto datang ke lokasi acara di Pandeglang, Banten, ada tukar informasi intelijen. Jadi ada tindakan pencegahan sebelum terjadi penyerangan.
selanjutnya
Halaman

(dnu/fjp)