Wiranto Ditusuk, Jimly Khawatir Keselamatan Jokowi Saat Blusukan

Eva Safitri - detikNews
Jumat, 11 Okt 2019 14:35 WIB
Jimly Asshiddiqie (Eva Safitri/detikcom)
Jakarta - Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia atau ICMI Jimly Asshiddiqie menyebut kondisi Menko Polhukam Wiranto membaik usai ditusuk. Jimly mengatakan Wiranto sedang dalam proses pemulihan.

"Tinggal penyembuhan, iya sudah dalam ruang perawatan jadi tinggal penyembuhan. Operasinya sukses. Kita doakan mudah-mudahan kembali pulih," ujar Jimly usai menjenguk Wiranto di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Jumat (11/10/2019).


Jimly menyayangkan peristiwa penusukan yang dialami oleh Wiranto. Pasalnya, menurut Jimly, kasus penyerangan terhadap menteri belum pernah terjadi. Jimly mengaku khawatir akan keamanan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat blusukan.

"Kita sedih aja ada warga negara menusuk menteri. Ini baru kejadian pertama, belum pernah terjadi selama ini. Ini jadi pelajaran mudah-mudahan," ucapnya.

"Saya khawatir ini presiden ini, jangan sampai blusukan nanti dalam suasana begini. Kita mesti hati-hati," lanjut Jimly.


Oleh karena itu, Jimly mengatakan pengamanan pejabat harus diperketat. Namun lebih utamanya adalah bagaimana imbauan kepada masyarakat untuk saling menghargai jika adanya perbedaan pendapat dan tidak melakukan tindakan anarkis.

"Pengamanan harus diperketat. Tapi yang jauh lebih utama gimana kita mengimbau masyarakat apa pun perbedaan pendapat tidak boleh melakukan tindak kekerasan atas alasan apa pun. Ini kan tindakan biadab, jangan sampai ditiru yang lain," tuturnya.

Sebelumnya, Wiranto ditusuk SA alias Abu Rara saat melakukan kunjungan kerja di Pandeglang, Banten, Kamis (10/10), pukul 11.50 WIB. Wiranto menderita dua luka tusukan di bagian depan tubuhnya.

Wiranto telah selesai menjalani operasi kecil di bagian tubuhnya yang tertusuk kunai Abu Rara. Wiranto saat ini sedang melakukan perawatan intensif di RSPAD. (eva/gbr)