Temuan Komnas HAM: Aparat Gunakan Kekerasan Berlebihan di Demo 22 Mei

Temuan Komnas HAM: Aparat Gunakan Kekerasan Berlebihan di Demo 22 Mei

Laras Devi Rachmawati - detikNews
Jumat, 11 Okt 2019 13:56 WIB
Komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara (Ari Saputra/detikcom)
Komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Komnas HAM mengatakan ada temuan awal tentang penggunaan kekerasan berlebihan oleh aparat terkait penanganan kericuhan saat aksi 21-22 Mei 2019. Meski demikian, saat ini penyelidikan masih terus berlangsung.

"Temuan awal begitu ada penggunaan kekerasan berlebihan oleh aparat," kata Komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara di kantor Komnas HAM, Jakarta, Jumat (11/10/2019).



Temuan penggunaan kekerasan oleh aparat itu disebut terkait adanya korban meninggal. Beka menyatakan Komnas HAM sudah meminta keterangan Kapolres Jakarta Barat terkait peristiwa seputar kericuhan 21-22 Mei.

"Yang jelas, temuan kami ada kekerasan ada korban yang meninggal ada kemudian pembakaran dan ini baru temuan belum jadi kesimpulan karena kami harus minta keterangan kepolisian seperti apa penanganannya apakah sudah sesuai protap atau tidak kemudian bagaimana soal provokasi di internet dan social media itu kan juga ke perhatian kami. Kami sudah minta keterangan dari Kapolres Jakbar kemudian komunikasi dengan polda dan mengunjungi juga Rutan Polda," ujarnya.
Selanjutnya
Halaman
1 2