Forum Lintas Paguyuban Mengadu ke Komnas HAM soal Rusuh Berdarah Wamena

Laras Devi Rachmawati - detikNews
Jumat, 11 Okt 2019 13:15 WIB
Forum lintas paguyuban bikin pengaduan ke Komnas HAM soal ricuh Wamena (Foto: Laras Devi/detikcom)
Jakarta - Forum Lintas Paguyuban Provinsi Papua mendatangi Komnas HAM untuk mengadukan persoalan terkait kericuhan yang sempat pecah di Wamena beberapa waktu lalu. Komnas HAM diharap bisa ikut melakukan investigasi terkait kericuhan tersebut.

"Kita melihat persoalan tersebut juga harus menjadi persoalan hak asasi manusia yang kemudian harta bendanya hangus terbakar dan kemudian orang banyak yang meninggal, sekitar ratusan meninggal. Ini yang kita coba mendatangi Komnas HAM, untuk bagaimana peristiwa ini adalah pelanggaran HAM yang harus dilirik oleh Komnas HAM, kata Kuasa Hukum Forum Lintas Paguyuban Provinsi Papua, Iriansyah, di Kantor Komnas HAM, Jakarta Pusat (11/10/2019).



Iriansyah mengatakan data korban jiwa akibat kerusuhan ini berdasarkan data dari pemerintah berjumlah 31 orang. Dia mengaku pihaknya sedang mendata lagi apakah jumlah korban jiwa tersebut memang sesuai atau tidak.

"Korban meninggal sekitar 31 orang. Kendaraan roda empat yang hangus 224 unit, kendaraan roda dua 150 unit, bangunan ruko hangus 465 unit dan rumah tinggal dibakar 165 unit. Ini masih data pemerintah. Kita belum, lagi menyesuaikan data-data ini apakah benar data yang diekspos pemerintah," ucapnya.

Saat ini, berbagai paguyuban sedang melakukan pendataan. Nantinya, data-data itu akan divalidkan lagi.

"Karena dari Padang saja masyarakat Padang, masyarakat Minang, masyarakat Sulawesi Selatan, nanti kita akan validkan data tapi ini kita membuat pernyataan sikap dulu ke Komnas HAM dan biar ini menjadi perhatian Komnas HAM," tuturnya.
Selanjutnya
Halaman
1 2