Round-Up

Posisi Enak Anak Ketum

Arief Ikhsanudin - detikNews
Jumat, 11 Okt 2019 08:45 WIB
Foto: Rengga Sancaya

Puan dan M Prananda Prabowo

Megawati jumpa pers ditemani prananda, puan maharai dan hasto kristiyantoMegawati jumpa pers ditemani prananda, puan maharai dan hasto kristiyanto Foto: (Nur Azizah/detikcom).


Puan Maharani menjadi putri dari Ketua Umum Megawati Soekarnoputri dan Taufiq Kiemas. Puan menyandang posisi ketua DPP PDIP pada 2005/2010, dan 2010/2015. Pertama kali lolos sebagai anggota DPR RI pada tahun 2009.

Saat Joko Widodo (Jokowi), dari PDIP menjadi presiden 2014/2019, Puan mendapat posisi sebagai Menteri Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan. Lalu, tahun ini, dia menjadi Ketua DPR RI untuk periode 2019/2024.

Selain Puan, Muhammad Prananda Prabowo adalah putra dari Megawati dari pernikahannya yang pertama dengan Surindro Supjarso. Beda dengan adiknya, Puan, dia belum terjun menjadi anggota legislatif.

Namun, di partai dia mendapat beberapa posisi strategis. Dia diangkat menjadi Ketua DPP PDIP Bidang Ekonomi Kreatif periode 2015/2020 dan 2020/2024.


Parananda Surya Paloh

Prananda Surya PalohPrananda Surya Paloh Foto: istimewa/dok.NasDem


Prananda Surya Paloh adalah putra dari Ketua Umum NasDem Surya Paloh. Prananda masuk menjadi anggota DPR dari tahun 2009, tahun ini adalah periode kedua dia menjadi legislator.

Di partai, dia menjadi ketua salah satu organisasi sayap NasDem, Liga Mahasiswa NasDem 2011 - 2013. Saat ini dia menduduki Ketua DPP NasDem Bidang Olahraga, Pemuda dan Mahasiswa.


Zita Anjani

Zita Anjani usai menyerahkan LHKPN di KPK.Zita Anjani usai menyerahkan LHKPN di KPK. Foto: Zita Anjani dkk usai menyerahkan LHKPN (Haris Fadhil/detikcom)


Zita Anjani adalah anak ke dua dari Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan. Zita sudah bergerak di dunia pendidikan dengan mendirikan sekolah anak usia dini Kids Republic di Jatinegara, Jakarta Timur pada 2015.

Karirnya sebagai politisi baru dimulai tahun ini dengan masuk menjadi anggota DPRD DKI Jakarta dari PAN. Meski belum dilantik, namanya sudah dipastikan duduk menjadi Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta periode 2019/2024.

Halaman

(aik/fdu)