detikNews
2019/10/10 18:28:22 WIB

5 Terdakwa Kerusuhan 22 Mei Divonis 3 Bulan Bui

Faiq Hidayat - detikNews
Halaman 1 dari 2
5 Terdakwa Kerusuhan 22 Mei Divonis 3 Bulan Bui Sidang vonis 5 terdakwa kerusuhan 22 Mei. (Faiq/detikcom)
Jakarta - Lima terdakwa yang membawa ambulans DPC Gerindra Tasikmalaya saat kerusuhan 22 Mei divonis 3 bulan penjara. Kelima orang itu terbukti terlibat kerusuhan dan mengabaikan perintah petugas kepolisian.

Lima terdakwa tersebut adalah Yayan Hendrayana, Iskandar Hamid, Obby Nugraha, Hendrik Syamrosa, dan Surya Gemara Cibro.

"Mengadili, menyatakan para terdakwa telah terbukti melakukan tindak pidana," kata hakim ketua Purwanto saat membacakan amar putusan dalam sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Jl Bungur Raya, Jakarta, Kamis (10/10/2019).


Atas perbuatan itu, mereka terbukti bersalah melanggar Pasal 218 KUHP. Kasus ini bermula saat Iskandar Hamid selaku Wakil Sekretaris DPC Gerindra Tasikmalaya menerima surat tugas dari Ketua DPC Gerindra Tasimalaya Nandang Surayana.

Surat tugas tersebut meminta Iskandar, Yayan (sopir ambulans), dan Obby ikut rencana aksi 22 Mei di KPU, Jalan Imam Bonjol, Jakarta. Titik kumpul mereka di Seknas Relawan Prabowo Sandi, Jalan HOS Cokroaminoto, Menteng, Jakarta Pusat.

Atas perintah itu, Iskandar menerima uang Rp 1,2 juta dari Bendahara DPC Gerindra Tasikmala Kuntara untuk biaya operasional perjalanan Tasimalaya ke Jakarta. Saat sudah sampai di Seknas Relawan Prabowo-Sandi, mereka bertemu seorang laki-laki yang mengendarai mobil Avanza untuk mengikutinya ke Jalan Wahid Hasyim dengan alasan menolong korban. Seorang laki-laki itu juga meminta Hendrik dan Surya masuk ke mobil ambulans menuju lokasi tersebut.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com