detikNews
Kamis 10 Oktober 2019, 17:15 WIB

Usai Dievaluasi, Buka Tutup di Flyover Urip Makassar Dibuat Kondisional

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
Usai Dievaluasi, Buka Tutup di Flyover Urip Makassar Dibuat Kondisional Foto: DOK. ISTIMEWA-Proyek Tol Layang Jl AP Pettarani Makassar Sulsel
Makassar - Petugas mengubah sistem buka tutup flyover Urip Sumoharjo, Makassar, untuk pengerjaan proyek Tol Layang A.P Pettarani. Setelah dilakukan uji coba, sistem buka tutup akan diberlakukan kondisional.

"Setelah disimulasi ternyata tidak perlu (ditutup total), jadi itu dibuka saja. Jadi dibuka, nanti pada saat ada pekerjaan di atas flyover, ada yang melintas (proses pengerjaan) baru ditutup sekitar 10 sampai 20 menit, nanti dibuka lagi. Jadi masyarakat agak terganggu itu saja sedikit," ujar Projects Manager PT Wijaya Karya Beton Tbk, Didi Rustadi saat dikonfirmasi, Kamis (10/10/2019).



Petugas juga akan mengubah sistem rekayasa lalu lintas khusus dari Jalan A.P Pettarani menuju Tol Reformasi. Nantinya, lalu lintas dari Jalan A.P Pettarani menuju Tol Reformasi akan dibelokkan ke kiri ke arah Jalan Urip Sumoharjo (sebelah barat flyover), untuk selanjutnya putar balik di depan RS Awal Bros.

Didi mengatakan kemacetan cukup parah bakal terjadi jika lalin dari Jalan A.P Pettarani diperbolehkan lurus langsung ke Jalan Tol Reformasi.

"Setelah simulasi itu macet. Jadi sampai ke Boulevard itu macet. Jadi dari simulasi itu kesimpulannya itu ditutup jalannya yang Pettarani ke Tol. Jadi di arahkan belok ke kiri (ke Jalan Urip Sumoharjo) nanti putar di depan RS Awal Bros. Jadi orang yang mau ke Tol maupun ke Jalan Bawaraja putar di situ," jelasnya.



Didi melanjutkan, sistem buka tutup di flyover Urip Sumoharjo akan diberlakukan selama 3 hari ke depan dengan melihat waktu pengerjaan proyek. Sementara jalur di bawah flyover Urip Sumoharjo akan ditutup total selama 10 hari ke depan dan diberlakukan hari ini.

"Nggak ada (jam pasti buka tutup), karena pada saat ada box girder di atas itu mau melintas ke flyover itu kita tutup, mau jam berapapun kita tutup karena menutupnya cuma 10 menit. Tutupnya kondisional. Bisa siang, bisa malam," jelas Didi.
(nvl/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com