Kuyang Penampakannya Bikin geger, Ini Fakta dan Doanya

Puti Yasmin - detikNews
Kamis, 10 Okt 2019 16:31 WIB
Kuyang Penampakannya Bikin geger, Ini Fakta dan Doanya/Foto: Ilustrasi hantu (iStock)
Kuyang Penampakannya Bikin geger, Ini Fakta dan Doanya/Foto: Ilustrasi hantu (iStock)
Jakarta - Penampakan Kuyang kembali menjadi perbincangan nitizen di sosial media. Lantaran, sebuah video memperlihatkan Kuyang tengah meneror warga di Samarinda.

Dari video tersebut terlihat, warga ramai-ramai mencari sosok kuyang yang berada di pepohonan. Mereka pun mencari dan menghidupkan senter di lokasi tersebut.



Berikut fakta-fakta Kuyang yang dirangkum detikcom:

1. Kepercayaan

Sosok kuyang dipercaya merupakan siluman dengan wujud kepala manusia tanpa tubuh bagian bawah. Diketahui, hanya isi tubuh, seperti ginjal dan usus yang ikut terbawa saat kuyang terbang.

Kuyang dikenal dapat terbang guna memakan bayi atau darah wanita yang baru melahirkan. Pasalnya, kuyang adalah manusia yang menganut ilmu hitam untuk kehidupan abadi.



2. Kuyang di Samarinda

Video kuyang yang viral diketahui terjadi di Jalan Slamet Riyadi, Kecamatan Sungai Kunjang, Samarinda. Peristiwa tersebut terjadi pada Senin (7/10/2019) pada pukul 00.10 WITA.

3. Doa Mengusir Kuyang

Kuyang merupakan salah satu bentuk setan yang menjadi musuh manusia. Berdasarkan Quran Surat Fathir ayat 6 Allah SWT berfirman:

Arab: إِنَّ الشَّيْطَانَ لَكُمْ عَدُوٌّ فَاتَّخِذُوهُ عَدُوًّا إِنَّمَا يَدْعُو حِزْبَهُ لِيَكُونُوا مِنْ أَصْحَابِ السَّعِيرِ

Artinya: Sesungguhnya syaitan itu adalah musuh bagimu, maka anggaplah ia musuh(mu), karena sesungguhnya syaitan-syaitan itu hanya mengajak golongannya supaya mereka menjadi penghuni neraka yang menyala-nyala.

Lantas, agar dapat terhindar dari perbuatan jahat Kuyang, umat Muslim disunnahkan membaca surat An-Naas yang memiliki keutamaan berlindung kepada Allah SWT.

Arab : قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ (1) مَلِكِ النَّاسِ (2) إِلَهِ النَّاسِ (3) مِنْ شَرِّ الْوَسْوَاسِ الْخَنَّاسِ (4) الَّذِي يُوَسْوِسُ فِي صُدُورِ النَّاسِ (5) مِنَ الْجِنَّةِ وَالنَّاسِ (6)

Artinya: (1) Katakanlah: 'Aku berlidung kepada Tuhan (yang memelihara dan menguasai) manusia'. (2) Raja manusia. (3) Sembahan manusia. (4) Dari kejahatan (bisikan) setan yang biasa bersembunyi. (5) yang membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia. (6) dari (golongan) jin dan manusia. (pay/erd)