detikNews
2019/10/10 14:46:49 WIB

Eka Kurniawan Tolak Penghargaan, Kemdikbud: Kita Tak Bisa Paksakan

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Halaman 1 dari 2
Eka Kurniawan Tolak Penghargaan, Kemdikbud: Kita Tak Bisa Paksakan Dirjen Kebudayaan, Hilmar Farid (Rahel Narda/detikcom)
Jakarta - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) merespons pernyataan sikap sastrawan Eka Kurniawan yang menolak Anugerah Kebudayaan dan Maestro Seni Tradisi 2019. Menurut Direktorat Jendral Kebudayaan Hilmar Farid, alasan penolakan Eka Kurniawan itu masuk akal dan dia berhak untuk menolak penghargaan tersebut.

"Bahwa kemudian Mas Eka-nya nggak terima kan, kita juga nggak bisa memaksakan. Dan saya melihat apa yang ditampilkan di dalam, yang beredar di media sosial ya, itu argumennya masuk akal dan saya menghargai hak beliau untuk menolak itu," kata Hilmar kepada wartawan di Istora Senayan, di Jalan Pintu Satu Senayan, Senayan, di Jakarta Selatan, Kamis (10/10/2019)



Hilmar juga mengatakan bahwa saat ini landasan untuk memajukan budaya sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan. Namun dia juga mengakui bahwa keberadaan undang-undang tidak dapat menyelesaikan semua isu yang ada saat ini, sehingga masih ada banyak tantangan untuk ke depannya. Tapi Hilmar menegaskan bahwa kebebasan berekspresi seniman sudah dilindungi.

"Saya juga nggak bilang 'oh dengan adanya undang-undang semua perkara itu selesai' gitu. Tapi paling tidak sekarang kita punya landasan hukum yang sangat jelas bahwa kebebasan berekspresi ini sejatinya memang dilindungi," kata Hilmar kepada wartawan.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com