detikNews
Kamis 10 Oktober 2019, 12:21 WIB

Polisi Tangkap Penyebar Hoax dan Provokasi Demo Jayapura

Farih Maulana Sidik - detikNews
Polisi Tangkap Penyebar Hoax dan Provokasi Demo Jayapura Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Dedi Prasetyo (Lisye/detikcom)
Jakarta - Polisi menangkap seorang berinisial AD (52), yang diduga menyebarkan berita bohong alias hoax dan provokasi. AD diduga menyebarkan hoax di media sosial terkait demo di Jayapura.

"Pelaku AD (52) diduga melakukan perkara ITE sebagai pembuat, penyebar video hoax, provokasi, SARA, dan penghinaan terhadap institusi pemerintah, TNI, dan Polri terkait kejadian demo di Jayapura beberapa waktu yang lalu," ujar Karo Penmas Divisi Humas Mabes Polri Brigjen Dedi Prasetyo dalam keterangannya yang diterima wartawan, Kamis (10/10/2019).



Dedi menyebut pelaku AD diduga menyebarkan video hoax seolah-olah terjadi pembakaran tempat ibadah dan penyerangan yang dilakukan kelompok masyarakat tertentu lewat akun Facebook Lehiun Tandabe. AD ditangkap pada Minggu (6/10) berserta sejumlah barang bukti.

"Mengamankan pelaku dan barang bukti, melakukan penyelidikan dan penyidikan. Saat ini pelaku telah ditahan di Rutan Mapolda Papua untuk proses hukum lebih lanjut," kata Dedi.

Atas perbuatannya, AD dijerat Pasal 45A ayat (2) jo Pasal 28 ayat (2) UU RI No 19 Tahun 2016 tentang perubahan atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik serta Pasal 14 ayat (2) dan/atau Pasal 15 UU RI No 1 Tahun 1946 tentang KUHP.


Menkominfo: 500 Ribu Lebih URL Digunakan untuk Sebar Hoax soal Papua

[Gambas:Video 20detik]


(haf/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com