detikNews
Kamis 10 Oktober 2019, 11:20 WIB

Jokowi Terima Massa Perhutanan: Katanya Demo, Ternyata Berterima Kasih

Andhika Prasetia - detikNews
Jokowi Terima Massa Perhutanan: Katanya Demo, Ternyata Berterima Kasih Foto: Andhika Prasetya/detikcom
Jakarta - Massa Perhutanan Indonesia yang berkumpul di depan Istana diterima Presiden Joko Widodo (Jokowi). Pertemuan digelar di Istana Negara.

"Ini yang hadir di sini termasuk bagian yang demo di depan itu? Iya? Bukan demo? Kumpul gitu kan bukan demo. Pagi tadi mau masuk Istana banyak polisi, ini itu apa? Oh, bukan demo?" kata Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis (10/10/2019).

"Bukan," jawab perwakilan massa.



Jokowi sempat mendapat laporan ada massa yang menggelar demo di depan Istana. Jumlah massa, kata Jokowi, mencapai ribuan.

"Lha katanya ribuan ada demo besar, kapan? Oh nggih tahu-tahu. Berarti belum bisa rampung di sini. Dipikir demo, ternyata ucapan terima kasih," kata Jokowi.

Jokowi menjelaskan soal SK perhutanan sosial.Jokowi menjelaskan soal SK perhutanan sosial. (Andhika Prasetya/detikcom)

"Itu bedanya jauh. Polisi banyak sekali, ini apa? Saya lihat pagi-pagi. Sampaikan kepada saya, 'Ada demo, Pak.' Kalau polisi banyak, yang demo banyak, Iiya Pak, ini ribuan, Pak.' Ternyata ucapan terima kasih," imbuh Jokowi.

Jokowi langsung masuk ke topik utama pembicaraan. Ia berbicara masih ada masalah di lapangan mengenai SK perhutanan sosial.

"Pertama, ini saya bicara apa adanya. Perhutanan sosial ini ada yang sudah banyak menerima manfaat, tetapi ada yang dikasih SK, tapi yang di bawah belum jalan, benar? Karena belum terambunnya antara Kementerian Kehutanan dan mungkin Perhutani yang di bawah," ujar Jokowi.

Jokowi sempat bertanya soal data penerima SK yang dikantonginya dengan fakta di lapangan.

"Ini data yang saya pegang. Sampai 1 Oktober 2019, pemberian pemanfaatan hutan sosial yang di Jawa sampai 25 ribu hektare. Betul? Ditambah perlindungan kemitraan 150 ribu, betul? Kadang di sana gede, di sini kecil. Saya mau ngecek saja. Program ini harus jalan terus," papar Jokowi.
(dkp/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com