detikNews
2019/10/10 10:52:41 WIB

Vonis Mati 5 Pemerkosa: 1 Dikuatkan MA, 3 Dikuatkan PT, 1 Ajukan Banding

Andi Saputra - detikNews
Halaman 1 dari 2
Vonis Mati 5 Pemerkosa: 1 Dikuatkan MA, 3 Dikuatkan PT, 1 Ajukan Banding Foto: Pemerkosa dihukum mati (deni/detikcom)
Bangkalan - Vonis mati 5 pemerkosa yang dijatuhkan Pengadilan Negeri (PN) Bangkalan membuat geger. Mereka adalah Muhammad Sohib, Muhammad Jeppar, Muhammad Hajir, Muhammad, dan Muhammad Hayyat.

Komplotan itu terlebih dahulu membunuh teman lelaki korban, Ahmad agar mudah memperkosa korban. Setelah itu, mereka ramai-ramai menggilir perkosa korban di Pantai Rongkang, Desa Kwanyar Barat, Bangkalan pada 17 Mei 2017.
Vonis Mati 5 Pemerkosa: 1 Dikuatkan MA, 3 Dikuatkan PT, 1 Ajukan BandingFoto: Pemerkosa dihukum mati (deni/detikcom)

Usai puas memperkosa korban, mereka mencekik korban hingga tewas untuk menghilangkan jejak. Kedua mayat itu dibuang di dasar gua dan baru ketahuan 2 bulan setelahnya dengan kondisi busuk dan nyaris tinggal tulang belulang.


Polisi sigap mengejar para pelaku dan menangkap satu persatu. Kelima pelaku diadili secara terpisah, dengan pelaku terakhir yang diadili adalah Muhammad Sohib. Kelimanya kemudian dihukum mati.

Berdasarkan Sistem Informasi Penelurusan Perkara (SIPP) PN Bangkalan yang dikutip detikcom, Kamis (10/10/2019), kelima orang tersebut telah dihukum mati. Untuk Muhammad Hayyat, vonis mati dikuatkan oleh Mahkamah Agung (MA).

Duduk sebagai ketua majelis kasasi Andi Samsan Nganro dengan anggota Eddy Army dan Margono. Majelis kasasi menyatakan Muhammad Hayat turut serta melakukan pembunuhan berencana dan turut serta melakukan kekerasan memaksa anak untuk melakukan persetubuhan dengannya. Putusan kasasi itu diketok pada 25 Februari 2019.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
BERITA TERBARU +