detikNews
2019/10/09 21:51:21 WIB

Perakit Bom Ungkap Skenario Ledakan di Aksi Rusuh, Pertokoan Jadi Target

Samsudhuha Wildansyah - detikNews
Halaman 1 dari 2
Perakit Bom Ungkap Skenario Ledakan di Aksi Rusuh, Pertokoan Jadi Target Sugoyono (Foto: Samsuduha Wildansyah/detikcom)
Jakarta - Sugiyono alias Laode merupakan satu di antara 11 tersangka perancang kerusuhan di Aksi Mujahid 212. Sugiyono berperan sebagai perakit bom yang juga mendatangkan beberapa rekannya untuk meledakkan bom di sejumlah pertokoan.

Awalnya, Sugiyono diminta oleh tersangka Mulyono untuk merakit bom. Sugiyono yang merupakan seorang tukang servis HP di ITC Cempaka Mas, Jakpus, kenal dengan Mulyono sejak 2018.

Hingga kemudian, Mulyono memperkenalkannya dengan dosen IPB Abdul Basith. Pada saat pertemuan dengan Basith pada 22 September 2019, Sugiyono ditanya apakah dirinya punya keahlian membuat bom.

"Saya ditanya 'di tempat kamu ada yang bisa bikin peledak?' yang nanya Prof Basith. Saya bilang di tempat saya itu peledak bisanya bom ikan, karena di tempat kita udah sehari-hari 'kan digunakan di laut buat ikan," tutur Sugiyono dalam wawancara khusus dengan detikcom di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (9/10/2019).

Selang beberapa waktu kemudian, Sugiyono lalu diajak untuk berkumpul di sebuah tempat di kawasan Jakarta Selatan. Di situ, dia bertemu dengan tersangka Mulyono dan juga Basith serta sekitar 20 orang lainnya yang tidak dia kenali semuanya.
"Mereka bahas soal masalah 'sudah siap nggak orang-orangnya', saya bilang iya pak. Karena di situ orang tua semua dan di situ saya yang paling muda, jadi saya 'iya-iya' aja," tuturnya.

Di pertemuan itu, ungkap Sugiyono, mereka membahas soal rencana Aksi Mujahid 212 Sabtu 28 September 2019. Menurut Sugiyono, dalam pertemuan itu dibahas agar demo tersebut dilaksanakan besar-besaran hingga dibuat ledakan bom.

"Demonya itu nggak mau cuma demo biasa, dia harus kayak tuntas gitu, demo besar-besaran gimana caranya semua elemen masyarakat turun dalam aksi demo. Itu makanya dia buat ledakan kayak bom," lanjutnya.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com