detikNews
2019/10/09 19:34:14 WIB

Round-Up

Dianggap Kabar Palsu, Harta Karun Era Sriwijaya Ternyata Ketemu

Raja Adil Siregar - detikNews
Halaman 1 dari 2
Dianggap Kabar Palsu, Harta Karun Era Sriwijaya Ternyata Ketemu Warga saat berburu harta karun sisa Kerajaan Sriwijaya. (Foto: Istimewa)
Ogan Komering Ilir - Balai Arkeologi Sumatera Selatan memastikan ada emas dan benda bersejarah di lokasi perburuan harta karun Sriwijaya, di daerah Cangal, Ogan Komering Ilir (OKI), Sumsel. Kabar ini membantah bahwa penemuan harta karun itu hanya kabar hoax.

Berdasarkan hasil penelitian, Kepala Arkeologi Sumsel Budi Wiyana menjelaskan lokasi tersebut merupakan permukiman lama sejak awal Masehi. Di sana ditemukan berbagai peninggalan lama.

Kepala Arkeologi Sumsel Budi WiyanaKepala Arkeologi Sumsel Budi Wiyana (Raja Adil Siregar/detikcom)

"Kebetulan waktu tim kami mengunjungi ditemukan ada penemuan peninggalan-peninggalan lama di lokasi," tutur Budi ketika ditemui wartawan di kantor Pemkab OKI, Rabu (9/10/2019).

Budi mengaku ada warga yang menemukan manik-manik yang terbuat dari emas, tapi belum diketahui pada massa dan tahun berapa manik-manik itu dibuat. Mereka butuh melakukan penelitian lebih lanjut.


"Kemarin kita temukan ada manik-manik bahan dari emas," kata Budi.

Meski demikian, Budi punya penjelasan terkait isu bahwa benda-benda tersebut merupakan peninggalan Kerajaan Sriwijaya. Dia menyatakan benda-benda itu ada kemungkinan sudah ada dari masa Sriwijaya.

"Saya tidak setuju dikatakan peninggalan Kerajaan Sriwijaya, tapi kalau dikatakan masa Sriwijaya iya. Ini saya setuju dan masih akan kita teliti untuk memastikan itu," papar Budi.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com