detikNews
2019/10/09 18:23:30 WIB

Lokasi Penemuan Harta Karun Sriwijaya Akan Dijadikan Cagar Budaya

Raja Adil Siregar - detikNews
Halaman 2 dari 2
Lokasi Penemuan Harta Karun Sriwijaya Akan Dijadikan Cagar Budaya Warga saat berburu harta karun sisa Kerajaan Sriwijaya. (Foto: Istimewa)



"Langkah kami saat ini mengamankan lokasi untuk selanjutnya diproses. Jika memang itu benda-bendanya bernilai budaya, harus jadi cagar budaya dan para pencari akan kita tempuh proses sesuai hukum, jadi jelas tidak boleh lagi mencari di sana," katanya.

Secara tegas, Nurlela menyebut para pemburu dapat dipidana jika mencari harta karun secara terus-menerus. Termasuk apabila hasil temuan tidak dilaporkan dan dijual ke kolektor asing.

Sebelumnya, Balai Arkeologi Sumatera Selatan juga meninjau lokasi penemuan emas diduga peninggalan Kerajaan Sriwijaya di daerah Cangal, OKI. Tim arkeologi memastikan ada emas dan benda bersejarah di lokasi itu.


Tidak hanya itu, tim arkeologi juga menyatakan ada warga yang menemukan manik-manik yang terbuat dari emas. Namun belum diketahui pada massa dan tahun berapa manik-manik itu dibuat.

Heboh harta karun Kerajaan Sriwijaya ini mencuat setelah terjadi kebakaran hutan dan lahan. Perburuan harta karun itu juga pernah terjadi pada 2014-2015. Warga berebut harta karun berbentuk cincin, emas, guci, dan benda-benda purbakala lain yang diduga bekas peninggalan Kerajaan Sriwijaya.
(ras/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com