detikNews
2019/10/09 14:14:04 WIB

Isu Penting terkait Amandemen UUD 1945 yang Perlu Anda Kawal

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 6
Isu Penting terkait Amandemen UUD 1945 yang Perlu Anda Kawal Foto ilustrasi. (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Pembahasan soal rencana amandemen UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dilanjutkan anggota MPR periode ini. Sebelumnya, amandemen ini sudah mengemuka di MPR periode sebelumnya lantaran ada hal-hal penting yang menjadi sorotan.

Dihimpun detikcom hingga Rabu (9/10/2019), hal-hal penting perihal amandemen konstitusi ini terkait penghidupan kembali Garis Besar Haluan Negara (GBHN), isu MPR menjadi lembaga tertinggi kembali, juga soal model amandemen itu sendiri.



Amandemen ini juga sempat memantik kritik dari Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK). Dia menilai akan ada ekses negatif bila GBHN dihidupkan. Berikut adalah isu penting terkait pembahasan amandemen UUD 1945 yang perlu dikawal oleh publik:

1. Menghidupkan lagi GBHN

Amandemen UUD 1945 ini digulirkan untuk menghidupkan kembali GBHN. Sebagai panduan dalam pembangunan, GBHN lain dengan konsep Rencana Pembangunan Jangka Panjang (RPJP) Nasional berjangka waktu 20 tahun atau Rencana Pembangunan Jangka Menengan (RPJM) Nasional berjangka waktu 5 tahun.

Sebagaimana diketahui, GBHN merupakan produk MPR era Orde Baru yang sudah tak ada lagi sejak adanya UU Nomor 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional. Memang apa bedanya GBHN dengan RPJP dan RPJM?
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com