detikNews
Rabu 09 Oktober 2019, 14:03 WIB

PKS soal Perppu KPK: Sikap Ngambang Bukan Karakter Pemimpin Kuat

Mochamad Zhacky - detikNews
PKS soal Perppu KPK: Sikap Ngambang Bukan Karakter Pemimpin Kuat Foto: Mardani Ali Sera (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera mengingatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar tak khawatir ditinggal partai koalisinya karena menerbitkan Perppu KPK. Mardani mengatakan ketidakjelasan dalam mengambil keputusan bukan karakter seorang pemimpin.

"Yang lebih utama ini masalah kepemihakan pada program pemberantasan korupsi. Sikap tidak jelas dan ngambang bukan karakter pemimpin yang kuat. Posisi Pak Jokowi kuat. Tidak perlu khawatir tidak dapat dukungan parpol," ujar Mardani kepada wartawan, Rabu (9/10/2019).


Meski begitu, Mardani menyebut PKS belum menentukan sikap apakah mendukung Jokowi menerbitkan Perppu UU KPK. Namun, secara pribadi, Mardani mendukung Perppu yang memiliki semangat untuk membangun Indonesia agar bersih dari korupsi.

"Dukung Perppu untuk Indonesia bersih dari korupsi. Suara ini suara pribadi," jelasnya.


Diberitakan sebelumnya, Guru besar hukum tata negara, Prof M Fauzan, meminta Presiden Jokowi jangan menjadi peragu menyikapi UU KPK. Dia meminta Jokowi segera memutuskan apakah akan mengeluarkan Perppu atau menunggu judicial review di Mahkamah Konstitusi (MK).

"Presiden selayaknya seorang Raja, yang segala ucapannya laksana sebuah aturan yang harus dilaksanakan dan tidak boleh mencla-mencle. Dalam perpekstif tersebut, kelihatan sikap Presiden menjadi tidak konsisten," kata M Fauzan.
(zak/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com