detikNews
2019/10/09 11:49:50 WIB

Polisi Tangkap 2 WN Rumania Pembobol ATM di Makassar

Hermawan Mappiwali - detikNews
Halaman 1 dari 2
Polisi Tangkap 2 WN Rumania Pembobol ATM di Makassar 2 WN Rumania ditangkap polisi di Makassar (Foto: Hermawan Mappiwali/detikcom)
Makassar - Polisi menangkap 2 warga negara asing (WNA) Rumania setelah menguras isi rekening nasabah bank di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel). Kedua WN Rumania berinisial GA dan SR diduga menguras isi rekening nasabah lewat pembobolan ATM.

"Pelakunya kita tangkap dini hari," kata Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Dicky Sondani di Mapolda Sulsel, Rabu (9/10/2019).



Dicky menjelaskan keduanya ditangkap setelah pihak bank melakukan pemeriksaan berkala pada sejumlah mesin ATM. Saat itu, pihak bank menemukan alat yang diduga untuk kejahatan skimming.

"Setelah pihak bank melapor, kami langsung melakukan penyelidikan dan menangkap mereka," kata Dicky.

Kedua tersangka, lanjut Dicky, tiba di Indonesia sejak September 2019. Keduanya melancarkan aksinya di mesin ATM yang berada di Jalan Hertasning dan Jalan Mappanyukki.

"Mereka ini memasang hidden kamera untuk merekam password kartu ATM nasabah serta memasang alat skimmer untuk merekam data rekening nasabah," ujar Dicky.

"Mereka juga sudah siapkan kartu ATM kosong, dibeli online di luar negeri, Malaysia, kemudian mereka sudah tahu pin nasabah. Mereka tinggal hitung saja, dengan cara ini mereka sudah kuras habis seluruh tabungan nasabah," imbuh Dicky.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com