detikNews
Rabu 09 Oktober 2019, 11:38 WIB

PD Tawarkan 14 Konsep ke Jokowi, Siapkan AHY Jadi Menteri Jika Diminta

Tsarina Maharani - detikNews
PD Tawarkan 14 Konsep ke Jokowi, Siapkan AHY Jadi Menteri Jika Diminta AHY dan Jokowi (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta - Partai Demokrat (PD) menyatakan mereka telah mengajukan 14 program prioritas partai kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Program prioritas itu dihasilkan PD dari interaksi dengan masyarakat selama Pemilu 2019.

"Dari hasil interaksi tersebut, kami mengidentifikasi ada 14 program prioritas bagi Partai Demokrat yang merupakan program untuk 5 tahun ke depan. Dari 14 program prioritas tersebut sudah kami komunikasikan kepada pemerintah," kata Waketum PD Syarief Hasan di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (9/10/2019).


Dia berharap program prioritas dari PD itu dapat diterima pemerintah. Menurut Syarief, Jokowi memberikan respons positif terhadap konsep yang diajukan PD itu.

"Pada saat Mas AHY (Komandan Kogasma PD Agus Harimurti Yudhoyono) menyampaikan program itu setahu saya sangat positif responsnya. Tentu beliau (Jokowi) akan mensinergikan dengan program-program beliau, apakah ada yang sama, bersinggungan, atau ada yang belum akan dibicarakan di internal pemerintah," tuturnya.

PD Tawarkan 14 Konsep ke Jokowi, Siapkan AHY Jadi Menteri Jika DimintaSyarief Hasan (Lamhot Aritonang/detikcom)

Syarief membeberkan sejumlah program prioritas yang diajukan PD, beberapa di antaranya soal pengentasan kemiskinan, ekonomi rakyat, dan kebijakan di bidang energi.

"Pertama, menyangkut masalah ekonomi. Daya beli rakyat. Kedua, tentang kemiskinan. Ketiga, tentang pengangguran, lapangan pekerjaan, kebijakan luar negeri. Di antaranya juga soal kebijakan energi," jelasnya.


Saat ditanya soal keinginan PD mengisi pos menteri di kabinet Jokowi periode kedua, Syarief menyebut pada prinsipnya mereka siap jika diminta. Dia pun mengamini jika AHY adalah salah satu kader yang menonjol untuk diajukan PD.

"Saya katakan Demokrat sudah berpengalaman. Kader-kadernya sudah terbentuk dan tentu kalau diminta Demokrat siap memberikan yang terbaik," kata Syarief.

"Mas AHY saya pikir salah satu yang paling menonjol saat ini sebagai representasi dari generasi milenial Indonesia yang merupakan kader yang dipersiapkan sebagai pemimpin ke depan. Tentu beliau siap," imbuh dia.



Tonton juga video Kapitra Prediksi Gerindra Dapat Jatah 3 Kursi Menteri, Fadli Zon?:

[Gambas:Video 20detik]




(tsa/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com