detikNews
Rabu 09 Oktober 2019, 07:36 WIB

Gerindra Sreg Kursi Mentan, PKB: Hak Prerogatif Presiden Jokowi

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Gerindra Sreg Kursi Mentan, PKB: Hak Prerogatif Presiden Jokowi Foto: Wasekjen PKB Daniel Johan (Gibran/detikcom)
Jakarta - PKB menyebut Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum secara khusus membahas soal kabinet. Hal itu disebut PKB menanggapi kemungkinan Partai Gerindra menduduki posisi Menteri Pertanian (Mentan).

"Komunikasi dengan para Ketum (partai) koalisi sangat baik, tapi setahu saya belum secara khusus (membahas) masalah kabinet," kata Wasekjen PKB Daniel Johan kepada wartawan, Rabu (9/10/2019).


Menurut Daniel, pembentukan kabinet adalah hak prerogatif Presiden. Ia menyebut hal itu perlu dibicarakan secara matang antara Jokowi dengan partai koalisinya.

"Sepenuhnya hak prerogatif Presiden. Kami tunggu hasil musyawarah bersama Presiden dan Ketum partai-partai koalisi, tentu segala hal akan dibahas dengan matang dan mendalam. Tapi kalau dari komentar sahabat-sahabat Gerindra maupun pernyataan resminya ke media, mereka kan bilang tidak. Dari Gerindranya saja tidak harus masuk kabinet kok," ujar Daniel.


Sebelumnya, Gerindra masih menanti respons Jokowi soal konsep yang ditawarkan ke pemerintah. Salah satu titik tekan di konsep yang ditawarkan partai berlambang kepala burung Garuda itu adalah soal swasembada pangan. Gerindra pun bicara kemungkinan menduduki kursi Menteri Pertanian (Mentan).

"Ya kalau diterima, ya, mungkin pos itu yang diberikan," kata Waketum Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menjawab kemungkinan partainya mendapat kursi Mentan dalam wawancara dengan wartawan di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (8/10).

Namun Dasco menegaskan Gerindra tak dalam posisi meminta kursi ke Jokowi. Gerindra hanya menawarkan konsep, dan jika konsep itu diterima, tentunya berharap bisa mengawal pelaksanaan konsep tersebut.




Tonton video Kapitra Prediksi Gerindra Dapat Jatah 3 Kursi Menteri, Fadli Zon?:

[Gambas:Video 20detik]


(azr/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com