detikNews
Selasa 08 Oktober 2019, 23:41 WIB

Dikunjungi Hasto, Ketum PBNU Harap Ada Menteri Urusan Pesantren

Farih Maulana Sidik - detikNews
Dikunjungi Hasto, Ketum PBNU Harap Ada Menteri Urusan Pesantren Ketum PBNU Said Aqil Siradj (Foto: Farih/detikcom)
Jakarta - Ketua Umum PBNU Said Aqil Siradj bersyukur UU Pesantren telah disahkan. Said Aqil berharap selanjutnya ada menteri khusus yang membidangi urusan pesantren.

"Kemaren Alhamdulillah dari DPR kita mendapatkan UU Pesantren. Dengan adanya UU Pesantren maka pesantren mandiri, tidak di bawah Kemenag, tidak di bawah Kemendikbud, undang-undangnya beda, dan mudah-mudahan Insyaallah nanti ada menteri urusan pesantren, ada anggaran untuk pesantren," kata Said Aqil saat menerima kunjungan silaturahmi Sekjen PDIP di Pondok Pesantren Luhur Al Tsaqafah, Jl M Kahfi 1, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Selasa (8/10/2019).



Said Aqil kemudian bicara mengenai kemenangan Jokowi-Ma'ruf. Dia menilai kedua tokoh tersebut sebagai simbol pasangan nasionalis dan santri.

"Alhamdulillah dengan kemenangan pak Jokowi-Ma'ruf Amin maka simbol antar pasangan ideal nasionalis dengan santri. Nasionalis Jokowi, walaupun santri juga. Kiai Ma'ruf santri, tapi juga nasionalis. Selesai masalah di Indonesia ini kalau sudah nasionalis dan santri," ujar Said Aqil.

Said Aqil mengatakan NU dan partai nasionalis akan terus bersahabat. Persahabatan itu menurut Said Aqil mesti terus dipelihara.

"Persahabatan antara NU dengan kaum nasionalis sangat penting harus kita pelihara. Kalau tidak? Maka seperti Timur Tengah sampai sekarang belum selesai hubungan antara agama dan negara," katanya.
(knv/knv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com