detikNews
Selasa 08 Oktober 2019, 16:09 WIB

Ke Singapura, Jokowi Dijadwalkan Bertemu PM Lee Hsien Loong

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Ke Singapura, Jokowi Dijadwalkan Bertemu PM Lee Hsien Loong Jokowi bertolak ke Singapura. (Foto: Istimewa)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertolak ke Singapura untuk menghadiri acara Annual Leaders Meeting. Jokowi rencananya bertemu dengan Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Loong.

Dari keterangan tertulis Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden, Jokowi akan menindaklanjuti perkembangan kerja sama yang sudah dibahas sebelumnya. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi berharap kerja sama yang dibangun akan menguntungkan kedua negara.

"Oleh karena itu, opsi kita adalah hanya satu, memelihara hubungan ini sehingga menjadi sebuah hubungan yang saling menguntungkan bagi kedua negara dan rakyat dari dua negara," kata Retno, Selasa (8/10/2019).


Jokowi disebut akan membahas seputar Kendal Industrial Park dan Nongsa Digital Park. Kendal Industrial Park merupakan salah satu wilayah industri terbesar di Jawa Tengah yang diresmikan Jokowi pada 2016.

Sementara itu, Nongsa Digital Park merupakan kawasan yang terletak di Kota Batam, Kepulauan Riau, yang berfokus pada pengembangan ekonomi kreatif berbasis digital. Kawasan yang diresmikan pada 2018 tersebut menjadi jembatan digital antara Indonesia dengan Singapura.

Jokowi juga akan membicarakan soal penguatan kerja sama pembangunan dan pendanaan infrastruktur serta kerja sama pembangunan sumber daya manusia, khususnya pendidikan vokasi, dengan PM Lee Hsien Loong.


Dalam pertemuan tersebut, Jokowi didampingi Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Thomas Trikasih Lembong.

Selain itu, turut serta Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Suharyanto, Dirjen Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri Andri Hadi, serta Staf Khusus Presiden Ahmad Erani Yustika.
(fdu/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com