detikNews
2019/10/08 13:56:46 WIB

Manggarai Pengganti Gambir Dijamin Bebas Tawuran, Begini Penjelasan Polisi

Mei Amelia R - detikNews
Halaman 1 dari 1
Manggarai Pengganti Gambir Dijamin Bebas Tawuran, Begini Penjelasan Polisi Stasiun Manggarai (Dok. Kemenhub)
Jakarta - Kemenhub berencana menjadikan Stasiun Manggarai sebagai hub alias stasiun pusat di Jakarta menggantikan Stasiun Gambir. Kawasan Manggarai sendiri selama ini diketahui sebagai lokasi yang rawan tawuran. Lalu, bagaimana aspek keamanannya menurut polisi?

"Menurut saya bagus, karena nanti tanah milik PT KAI akan dibangun terminal di situ, nanti diperluas," kata Kapolres Jakarta Selatan Kombes Bastoni Purnomo saat dihubungi detikcom, Selasa (8/10/2019).

Bastoni mengatakan, dengan dijadikannya Stasiun Manggarai sebagai hub, itu sekaligus memecahkan masalah tawuran yang selama ini terjadi di kawasan tersebut. Sebab, nantinya para warga yang sering terlibat tawuran dan menempati lokasi tersebut akan dipindahkan ke rumah susun (rusun) yang telah disediakan oleh pemerintah.

"Tanah yang dipakai warga, nanti (warga) akan digeser ke rusun yang disediakan pemerintah," ucapnya.

Jadi, menurutnya, hadirnya hub di Stasiun Manggarai memberikan dampak positif dari segi sosial dan ekonomi.
"Di satu sisi, itu untuk pembangunan, transportasi ya. Kedua, masyarakat akan mendapatkan rumah susun," sambungnya.

Dengan demikian, diharapkan stasiun hub di Manggarai ini akan menjadi solusi terkait masalah tawuran yang sudah menjadi tradisi di lokasi tersebut. Untuk sementara ada 30-50 kepala keluarga (KK) di wilayah Jakarta Selatan yang akan terdampak rencana pembangunan stasiun hub Manggarai ini.

Lebih lanjut, Bastoni mengatakan pembebasan lahan akan dilaksanakan pada akhir Oktober 2019. Menurutnya, PT KAI telah menggelar rapat bersama Polres Jaksel, Polres Jakpus, Polsek, hingga wali kota terkait rencana pembebasan lahan tersebut.

"Kemarin sempat rapat juga dengan KAI, Kodim, Polres-Polsek, wali kota, bagaimana cara pembebasan lahan warga yang tanahnya yang kena. Akhir bulan ini setelah pelantikan kondusif. Kita sosialisasi dulu, nanti dikasih kesempatan dulu bongkar sendiri," tandasnya.
Pengalihan stasiun hub ke Manggarai ini diperkirakan pada 2021. PT KAI sendiri memiliki lahan seluas 45 hektare di sekitar Manggarai untuk mendukung pemindahan stasiun hub tersebut.





Tonton juga video Bawa Senjata Buat Tawuran, 7 Pelajar SMP di Kendari Diamankan!:

[Gambas:Video 20detik]




(mei/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com