detikNews
Selasa 08 Oktober 2019, 11:51 WIB

Rumah Lapis Kampung Akuarium Dibangun Tahun 2020

Arief Ikhsanudin - detikNews
Rumah Lapis Kampung Akuarium Dibangun Tahun 2020 Ilustrasi Kampung Akuarium. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mulai membangun pemukiman Kampung Akuarium, Jakarta Utara, pada tahun 2020. Pembangunan saat ini masih dalam proses lelang.

"Benar, jumlahnya 142 unit dalam bentuk rumah lapis," ucap Kepala Bidang Pembangunan Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta, Triyanto, saat dihubungi, Selasa (8/10/2019).

Konsep rumah yang akan dibangun adalah rumah lapis. Konsep yang pernah dikenalkan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan saat awal masa jabatannya.


"Tipe 27 m2, rumah lapis itu tingginya maksimal 4 lantai. (Saat ini) lelang DED (Detail Engineering Design)," ucap Triyanto.

Gubernur Anies Baswedan pun menyampaikan bahwa konsep pemukiman di Kampung Akuarium sudah selesai. Pembangunan akan dilakukan tahun depan.

"Hasil perencanaan kampung akuarium bersama warga telah tuntas. Bila teman-teman lihat hasilnya di Instagram @kampung_akuariun. Insyaallah pembangunan akan kita mulai pada 2020 mendatang," tulis Anies dalam akun Instagram-nya @aniesbaswedan.


Anies menyebut bahwa pembangunan Kampung Akuarium tidak akan merusak sejarah Jakarta. Malahan, kata Anies, akan menghidupkan kembali wisata di kawasan utara Jakarta.

"Kampung Akuarium akan menjadi kampung wisata bahari yang ramah lingkungan dan tetap menghormati situs bersejarah di sekitar pelabuhan Sunda Kelapa. Menghidupkan kembali salah satu spot wisata di Utara Jakarta," kata Anies.




Tonton juga video Anies Harap Pimpinan Baru DPRD Kebut Pembahasan Raperda:

[Gambas:Video 20detik]




(aik/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com