detikNews
2019/10/08 04:57:51 WIB

Surat Al Waqiah Diyakini jadi Obat Anti Miskin, Benarkah?

abdul Jalil - detikNews
Halaman 1 dari 2
Surat Al Waqiah Diyakini jadi Obat Anti Miskin, Benarkah? Ilustrasi : Surat Al Waqiah diyakini menjauhkan dari kemiskinan (Foto: iStock)
Jakarta -

Di antara 114 surat dalam Al quran, ada beberapa yang jadi primadona sehingga sejumlah orang membacanya pada waktu-waktu tertentu. Salah satunya adalah Surat Al Waqiah, surat ke-56 di juz 27 dalam Al quran yang terdiri dari 96 ayat.

Surat ini dinamakan Al Waqiah sesuai dengan ayat yang pertama, yakni surat Al Waqiah yang artinya kiamat. Surat yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW di Mekkah itu menceritakan tentang bagaimana hari kiamat akan terjadi, dan juga balasan bagi orang mukmin dan juga orang kafir.



Ada yang meyakini bahwa salah satu fadhilah surat Al Waqiah jika dibaca setiap hari adalah akan dijauhkan dari kemiskinan. Apabila seseorang membiasakan diri untuk membaca Al quran surat Al Waqiah, paling tidak satu kali setiap malam, maka ia akan mendapatkan pahala dan dijauhkan dari kemiskinan untuk selama-lamanya.



Pandangan tersebut mengacu pada hadis yang diriwayatkan Ibnu Sunni dan Baihaqi Ibnu Mas'ud yang berbunyi sebagai berikut:

"ﻣﻦ ﻗﺮﺃ ﺳﻮﺭﺓ اﻟﻮاﻗﻌﺔ ﻓﻲ ﻛﻞ ﻟﻴﻠﺔ ﻟﻢ ﺗﺼﺒﻪ ﻓﺎﻗﺔ ﺃﺑﺪا". (اﺑﻦ اﻟﺴﻨﻲ ﻫﺐ) ﻭاﺑﻦ ﻋﺴﺎﻛﺮ ﻋﻦ اﺑﻦ ﻣﺴﻌﻮﺩ.

Artinya: "Barang siapa membaca surat Waqiah tiap malam, maka tidak akan mengalami kemiskinan selamanya" (HR Ibnu Sunni dan Baihaqi Ibnu Mas'ud)

Ada juga hadis Al Baihaqi berikut ini:


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com