detikNews
2019/10/07 20:30:19 WIB

Round-Up

Lolos ke Senayan, Mulan Panen Serangan

Tim Detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 2
Lolos ke Senayan, Mulan Panen Serangan Foto: Mulan Jameela. (Hanif/detikHOT).
Jakarta - Mulan Jameela resmi menjadi anggota DPR RI dari Fraksi Gerindra setelah menggeser kolega satu partainya yang menjadi saingan di dapilnya. Akibatnya, banyak serangan menimpa istri Ahmad Dhani itu.

Perjalanan untuk Mulan sampai di kursi DPR cukup panjang. Ia melenggang ke Senayan setelah Partai Gerindra memecat caleg-caleg terpilih dengan peringkat raihan suara di atas Mulan. Gerindra mengangkat Mulan ke DPR setelah Pengadilan Negari Jakarta Selatan mengabulkan gugatan Mulan dan kawan-kawan.

Landasan tukar kursi Gerindra ini adalah Surat Edaran MA Nomor 4 Tahun 2016 tentang Pemberlakuan Pemberlakuan Hasil Rapat Pleno Kamar Mahkamah Agung Tahun 2016 sebagai Pedoman Pelaksanaan Tugas Bagi Pengadilan. Surat ini tertanggal 9 Desember 2016, diteken Ketua MA Muhammad Hatta Ali, ditujukan untuk Ketua Pengadilan Tingkat Banding dan Ketua Pengadilan Tingkat Pertama.


Karena Surat Edaran MA di atas mengamanatkan kewenangan perselisihan parpol ada pada Mahkamah Partai Politik, Gerindra menyatakan berhak mengatur penukaran kursi usai pengadilan tingkat pertama, dalam hal ini Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, mengabulkan gugatan Mulan Jameela cs.

Berdasarkan salinan putusan KPU Nomor 1341/PL.01.9-Kpt/06/KPU/IX/2019, pelantun tembang 'Makhluk Tuhan yang Paling Seksi' ini ditetapkan menjadi calon terpilih anggota DPR. Keputusan itu diteken oleh Ketua KPU Arief Budiman pada 16 September 2019.

Mulan menjadi caleg terpilih usai dua caleg di atasnya dipecat. Pada Daerah Pemilihan Jawa Barat XI (Tasikmalaya dan Garut), caleg yang semula terpilih adalah Evin Luthfi di peringkat suara terbanyak ke-3 dan Fahrul Rozi di peringkat suara terbanyak ke-4. Adapun Mulan Jameela ada di peringkat suara ke-5 (24.192 suara).

Di Dapil Jawa Barat XI, Gerindra mendapat tiga kursi. Bila Evin Luthfi (suara terbanyak ke-3) dipecat dari Gerindra, maka yang seharusnya menggantikannya sebagai caleg terpilih adalah Fahrul Rozi (suara terbanyak ke-4). Namun Fahrul Rozi ternyata juga dipecat. Maka yang menggantikan Evin Luthfi adalah caleg dengan perolehan suara ke-5, yakni Mulan Jameela.

Lolos ke Senayan, Mulan Panen SeranganFoto: Spanduk dari pendukung Ervin Lutfhi. (Hakim Ghani/detikcom).

Caleg-caleg yang digeser Mulan pun tak tinggal diam. Pendukung caleg Ervin Luthfi menggeruduk kantor DPC Gerindra pada Senin (23/9) lalu lantaran jagoannya tersebut digantikan Mulan. Saat demo, massa membawa spanduk berisi foto Mulan Jameela berjibab biru muda dan tulisan 'Dulu Pelakor Sekarang Perekor (Perebut Kursi Orang)'.

Spanduk itu jadi perhatian masyarakat setempat serta para pengendara yang melintas. Unjuk rasa ini digulirkan pendukung Ervin sebagai bentuk protes. Sebab, Ervin digantikan Mulan Jameela, yang melenggang ke DPR RI. Dedi Kurniawan, juru bicara Ervin Luthfi, menyebutkan pencoretan itu dilakukan sepihak oleh Gerindra.

"Mencederai demokrasi. Untuk itu, kami turun ke jalan untuk menyelamatkan demokrasi," ujar Dedi.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com