detikNews
2019/10/07 17:25:26 WIB

Bupati Bogor Bingung Ada Banyak PNS Cerai, Ternyata Ini Penyebabnya

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Halaman 1 dari 2
Bupati Bogor Bingung Ada Banyak PNS Cerai, Ternyata Ini Penyebabnya Ilustrasi perceraian (Foto: Thinkstock)
Bogor - Bupati Bogor Ade Yasin mengaku bingung karena banyak PNS/ASN yang mengajukan cerai. Mayoritas para PNS Kabupaten Bogor ini mengajukan cerai karena masalah ekonomi.

Kasubid Pembinaan Pegawai pada Bidang Pembinaan dan Pengembangan Karir (Bangrir) BKPP Kabupaten Bogor, Muhamad Zulfikar menjelaskan, selama Bupati Bogor Ade Yasin menjabat, ada 21 PNS yang mengajukan permohonan cerai. Mereka mengajukan cerai karena perselisihan yang timbul dari ekonomi.

"Data ini sampai per akhir September 2019 ya. Penyebab paling besar itu karena ekonomi. Karena memang satu pihak merasa ekonomi sudah berkecukupan, satu pihak merasa masih kekurangan. Dari ekonomi, lalu ujung-ujungnya ke perselisihan," kata Zulfikar ketika dihubungi, Senin (7/10/2019).



Menurut Zulfikar, kenaikan pangkat atau jabatan tidak serta merta menjadikan rumah tangga PNS tersebut bertahan. Hal itu dikarenakan kenaikan pangkat tidak berpengaruh besar terhadap penghasilan PNS.

"Sepertinya enggak. Karena kalau dari kenaikan pangkat itu, dari sisi nominal (penghasilan) tidak terlalu besar," lanjut dia.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com