detikNews
Senin 07 Oktober 2019, 17:02 WIB

Istri Wabup Bone Tersangka Korupsi PAUD, Ini Dugaan Penyimpangannya

Hermawan Mappiwali - detikNews
Istri Wabup Bone Tersangka Korupsi PAUD, Ini Dugaan Penyimpangannya Polisi menggeledah rumah jabatan Wakil Bupati Bone Ambo Dalle dan sejumlah kantor pemerintah di Kabupaten Bone. (Muhammad Nur Abdurrahman/detikcom)
Makassar - Erniati, istri Wakil Bupati Bone, Sulsel, Ambo Dalle, menjadi tersangka korupsi dana pendidikan anak usia dini (PAUD). Diduga Erniati melakukan penyimpangan dalam program dana alokasi khusus (DAK) Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) PAUD Bone.

"Erniati selaku kepala bidang PAUD dan Dikmas tidak melaksanakan seluruh tugas dan tanggung jawabnya sebagaimana diatur dalam Juknis Permendikbud Nomor 4 Tahun 2017 dan Permendikbud Nomor 2 Tahun 2018," ujar Kabid Humas Polda Sulsel Kombes Dicky Sondani kepada wartawan, Senin (7/10/2019).

Erniati, yang menjadi ketua tim manajemen dana alokasi khusus (DAK) nonfisik BOP PAUD Bone, bertugas memverifikasi data hingga verifikasi hasil pelaksanaan pengadaan langsung dan swakelola dana BOP PAUD.


"Sebagai tim monitoring, evaluasi, dan supervisi, ia (Erniati) juga telah menerima pembayaran honor sebesar kurang-lebih Rp 40 juta pada tahun 2017 dan kurang-lebih Rp 40 juta pada tahun 2018," sebut Dicky.

Polisi menyebutkan, pada 2017, Erniati selaku PPTK kegiatan pengadaan alat peraga/praktik dan buku siswa TK diduga tidak memenuhi ketentuan pengadaan langsung.

"Pengadaan tersebut pelaksanaannya tidak sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam perpres tentang pengadaan barang dan jasa," sambung Dicky.

Polisi juga menetapkan tiga orang lain sebagai tersangka, yaitu Kepala Seksi PAUD Disdik Bone, Sulastri; Staf PAUD Disdik, M Ikhsan; dan Pengawas TK Disdik, Masdar.

Penetapan tersangka dilakukan berdasarkan gelar perkara tim penyidik Ditreskrimsus Polda Sulsel. Kerugian keuangan negara berdasarkan hasil audit BPKP, yakni Rp 4.916.305.000.



Simak juga video "Pimpin Upacara di Kemenkum HAM, Tjahjo: Waspada Area Rawan Korupsi":

[Gambas:Video 20detik]


(fdn/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com