detikNews
Senin 07 Oktober 2019, 13:43 WIB

Formasi di DPR, PDIP Targetkan 18 Kursi Pimpinan AKD

Farih Maulana Sidik - detikNews
Formasi di DPR, PDIP Targetkan 18 Kursi Pimpinan AKD Hasto Kristiyanto (Aditya Mardiastuti/detikcom)
Jakarta - DPR saat ini tengah menyusun formasi untuk ditempatkan di tiap-tiap komisi. Sebagai fraksi terbesar di parlemen, PDI Perjuangan menargetkan mendapat 4 kursi ketua alat kelengkapan dewan (AKD), termasuk komisi, dan 14 wakil ketuanya.

"Semua dihitung secara proporsional. Kalau secara proporsional PDI Perjuangan kan paling tidak (ketua) ada 4. Kemudian sebagai wakil ada 14. Tapi semuanya harus melalui dialog bersama," ungkap Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto seusai acara diskusi di gedung BEI, Jl Jenderal Sudirman, Jakarta, Senin (7/10/2019).

Meski begitu, Hasto belum mau mengungkap komisi mana saja yang diincar PDIP. Hanya, partai pimpinan Ketum Megawati Soekarnoputri itu sudah melakukan lobi-lobi dengan fraksi partai di DPR lainnya.


"Lobi-lobi sudah dilakukan dan secara intens, intinya PDI Perjuangan ingin merangkul seluruh kekuatan politik nasional untuk bersama-sama membangun bangsa," tuturnya.

Soal banyaknya target PDIP akan kursi pimpinan di formasi DPR, Hasto mengingatkan kini aturan soal AKD tidak lagi sistem paket, melainkan proporsional. Seperti diketahui, PDIP merupakan partai pemenang Pemilu 2019 yang berarti perwakilannya merupakan terbesar di parlemen.

"Secara proporsional PDI Perjuangan tentu saja mendapat porsi yang signifikan, artinya seluruh unsur alat kelengkapan ada representasi dari PDI Perjuangan," kata Hasto.


"Dan dengan kekuatan yang dimiliki, Presiden Jokowi 60,7 persen tentu saja secara proporsional memberikan dukungan yang sangat penting untuk memastikan efektivitas pemerintahan ke depan," sambungnya.

Hasto berharap seluruh AKD di DPR sudah terbentuk sebelum pelantikan presiden-wapres terpilih, Jokowi-Ma'ruf Amin, pada 20 Oktober mendatang.

"Sebelum 20 diharapkan sudah terbentuk semua," tutup Hasto.
(elz/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com