detikNews
2019/10/07 13:01:12 WIB

Seminggu Usai Disekap dan Disiksa, Ninoy Karundeng Masih Trauma

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Halaman 1 dari 2
Seminggu Usai Disekap dan Disiksa, Ninoy Karundeng Masih Trauma Ninoy Karundeng (screenshot video)
Jakarta - Relawan Jokowi, Ninoy Karundeng, sudah seminggu pulang setelah mengalami penganiayaan. Kondisi Ninoy saat ini masih mengalami trauma meski sudah berada di tempat yang aman.

"Dia lebih sekarang kayak ketakutan. Kayak lagi jalan, merasa ada yang ikutin. Kalau malam trauma, walaupun di tempat aman. Ada bunyi apa jadi gimana, paranoid ya," kata rekan Ninoy, Jack Lapian, kepada wartawan, Senin (7/10/2019).


Jack Lapian menuturkan Ninoy berada di tempat aman dengan relawan lain. Dia menuturkan Ninoy akan segera dibawa ke psikiater.

"Besok ini kita akan bawa ke psikiater," tuturnya.

Jack Lapian mengatakan psikiater dibutuhkan untuk memulihkan kejiwaan Ninoy. Kejiwaan Ninoy, menurut Jack Lapian, belum stabil.

"Tanda kutip dari kejiwaannya belum stabil," jelasnya.


Sebelumnya, Jack Lapian menegaskan Ninoy Karundeng dalam kondisi yang baik. Jack Lapian memastikan Ninoy saat ini berada di tempat yang aman.

"Secara fisik dan mental Ninoy cukup baik, hanya luka lebamnya saja. Yang pasti, secara psikologi pasti rasa 'trauma' itu ada ya. Hanya perlu waktu untuk melewatinya," kata Jack Lapian saat dihubungi, Minggu (6/10).

Ninoy sendiri sempat mengkhawatirkan keamanan diri dan keluarganya. Terkait hal itu, Jack Lapian memastikan Ninoy saat ini berada di tempat yang aman.

"Saat ini Ninoy tinggal di tempat yang aman," tutur Jack Lapian.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com