DPRD DKI Tunggu Jawaban Mendagri Terkait Tanggal Pelantikan Pimpinan

Arief Ikhsanudin - detikNews
Senin, 07 Okt 2019 12:13 WIB
Foto: Gedung DPRD DKI Jakarta (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Tanggal pelantikan pimpinan DPRD DKI Jakarta belum bisa ditentukan. Pihak DPRD masih menunggu surat keputusan dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo tentang usulan pimpinan definitif DPRD DKI 2019/2024.

"Kalau turunnya kita nggak bisa pastikan, tanyakan ke Mendagri," ucap Ketua sementara DPRD DKI Jakarta Pantas Nainggolan saat dihubungi, Senin (7/10/2019).


DPRD DKI Jakarta telah mengirim surat pengusulan pimpinan definitif DPRD DKI Jakarta kepada Mendagri pada Jumat (4/10/2019). Mendagri punya waktu selambatnya 14 hari setelah surat itu dikirim atau pada 18 Oktober 2019.

"Kalau nggak ada jawaban, berarti sudah bisa dilantik," ucap Pantas.


Setelah pimpinan definitif dilantik, DPRD DKI Jakarta akan mengesahkan tata tertib DPRD dan alat kelengkapan dewan (AKD). "Itulah yang mendesak," ucap Pantas.

Sementara itu, Wakil Ketua sementara DPRD DKI Jakarta Syarif berharap surat dari Mendagri turun Minggu ini. Namun, Syarif tidak bisa memastikan juga.

"Saya belum tahu (kapan turun), tapi saya mengharapkan Rabu (9/10) sudah turun," kata Syarif.

Diketahui, DPRD DKI Jakarta sudah mengumumkan nama-nama pimpinan periode 2019/2024. Mereka adalah Ketua DPRD Prasetio Edi Marsudi, Wakil Ketua DPRD ada M Taufik, Abdurrahman Suhaimi, Misan Samsuri, dan Zita Anjani.




Tonton juga video Kembali Jabat Ketua DPRD, Prasetyo: Pembahasan Wagub DKI Jadi Prioritas:

[Gambas:Video 20detik]

(aik/gbr)