detikNews
2019/10/07 09:33:56 WIB

Fakta-fakta OTT KPK yang Jerat Bupati Lampung Utara

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 3
Fakta-fakta OTT KPK yang Jerat Bupati Lampung Utara Ilustrasi KPK (Foto: Rachman Haryanto-detikcom)
Jakarta - KPK mengamankan Bupati Lampung Utara Agung Ilmu Mangkunegara dalam sebuah operasi tangkap tangan (OTT). Ada empat orang yang awalnya diamankan KPK dalam OTT ini.

"KPK mengamankan total 4 orang sejak sore hingga malam ini," kata Wakil Ketua KPK Laode M Syarif kepada wartawan, Minggu (6/10/2019) malam.

Syarif mengatakan ada dugaan penyerahan uang kepada Agung. Dia menyebut duit itu diduga terkait proyek di Dinas PU atau Koperindag di Lampung Utara.



Dalam perkembangannya, KPK mengamankan lagi tiga orang lain. Total ada tujuh orang yang dibawa KPK ke Jakarta untuk diperiksa lebih lanjut.

Mereka yang kena OTT tersebut masih berstatus sebagai terperiksa. KPK punya waktu 1x24 jam sebelum menentukan status hukum mereka. Berikut deretan fakta terkait OTT Agung Ilmu Mangkunegara:

7 Orang Diamankan, Ada 2 Kepala Dinas

KPK mengamankan total tujuh orang dalam OTT terhadap Bupati Lampung Utara Agung Ilmu Mangkunegara. Ada dua orang kepala dinas yang turut diamankan.

Namun, KPK belum menyebut siapa kepala dinas yang kena OTT tersebut. Selain itu, ada juga pejabat pemkab Lampung Utara lainnya dan pihak swasta yang diamankan.

"Sampai pagi ini, total yg diamankan tim KPK berjumlah 7 orang," tutur Kabiro Humas KPK Febri Diansyah kepada wartawan, Senin (7/10/2019).

Ketujuh orang itu langsung dibawa ke gedung KPK untuk diperiksa lebih lanjut. Mereka dibawa lewat jalur darat.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com